Bikin Stamina Cleng! Kenali Manfaat Kopi bagi Kesuburan Pria

Penulis: Aflaha Rizal Bahtiar | Editor: Lina F | Foto: Unsplash.com

Jakarta, GPriority.co.id— Bagi pria yang saat ini sedang mengusahakan keturunan, perlu diperhatikan kebiasaan dan gaya hidup yang dijalaninya. Salah satunya yang paling sering adalah minum kopi.

Benarkah mengonsumsi kopi sangat bermanfaat bagi kesuburan pria? Dikatakan, jika dikonsumsi sewajarnya atau dalam dosis yang rendah, kopi dinilai menawarkan manfaat yang baik untuk kesuburan pria.

Melansir dari Hello Sehat, beberapa penelitian baik manusia maupun hewan, kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan pergerakan atau mortilitas sperma.

Tentunya, sperma akan lebih cepat bergerak, yang diharapkan dapat bertemu dengan sel telur sehingga terjadi proses pembuahan.

Kafein juga dapat membantu sperma dalam menembus mucus atau lendir di leher rahim. Sperma yang lebih cepat menembus, tentu dapat melakukan pembuahan yang juga lebih cepat.

Di samping itu, melansir dari Exdeed Health, sebuah studi yang dilakukan pada tahun 1976 melihat dampak kafein ketika dilakukan lab uji. Ditemukan, bahwa kopi menjadi obat alami yang dapat merangsang mortilitas dalam sel sperma.

Namun, apakah ini bekerja ketika kafein dikonsumsi pria daripada diperkenalkan langsung ke sel sperma? Hasil sebuah penelitian menunjukkan demikian.

Para peneliti di Brasil menemukan, pria yang mengonsumsi kopi memiliki tingkat motilitas sperma yang lebih tinggi dibanding yang jarang minum kopi.

Meski ada yang mengatakan kopi yang dikonsumsi berlebih bisa berdampak negatif bagi kesuburan, namun bila dikonsumsi setidaknya kurang 800mg kafein tidak berdampak besar bagi kesuburan.