Budaya Antarkan Desa Carangsari Bali Masuk 50 ADWI

Bali,Gpriority-Berkat budaya yang dimilikinya, Desa Wisata Carangsari yang terletak di Kabupaten Badung, Bali terpilih masuk ke dalam 50 besar nominator Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang digelar pada Desember 2021 nanti.

Usai ditetapkan sebagai nominator, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno bersama Ibu Nur Asia Sandiaga Uno dan jajaran, serta tim penilai melakukan peninjauan ke Desa Wisata Carangsari, Kabupaten Badung pada Sabtu (25/9).

Kehadiran Mas Menteri begitu biasa Sandiaga Salahuddin Uno disapa mendapat sambutan yang sangat hangat dari Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Kadisparda Provinsi Bali, Sekretaris Daerah Kabupaten Badung, I Wayan Adi Arwana. Kadisparda Kabupaten Badung serta tokoh dan masyarakat Desa Carangsari.

Tak hanya sambutan dari pejabat pemerintah, dan juga masyarakat, kehadiran Mas Menteri beserta rombongan juga disambut dengan pementasan Barongsai, Tari Anoman dan Tari Baris.

Salah satu tokoh masyarakat Carangsari yang datang menghampiri Mas Menteri memaparkan tentang Desa Wisata Carangsari. Dijelaskan, di Desa Carangsari ada sebuah Puri yang bernama Puri Agung Carangsari yang merupakan pusat peradaban Desa Carangsari sejak zaman dahulu, dan di Puri ini juga terlahir salah satu Pahlawan Kemerdekaan Indonesia yang bernama I Gusti Ngurah Rai. Desa wisata yang ada di Desa Carangsari antara lain, adanya monumen Pahlawan I Gusti Ngurah Rai, cagar budaya yang terletak di Pura Puseh Kangin Desa Carangsari, ada juga wisata alam Taman Beji Samuan dan banyak juga keindahan alam semesta yang ada di Desa Carangsari. Tema dari desa wisata Carangsari adalah “Melestarikan Warisan Sejarah, Adat dan Budaya, Pemberdayaan Masyarakat Khususnya Industri Kreatif (UMKM) dan Pengembangan Edukasi & Digitalisasi.”

Saat memberikan sambutan, Mas Menteri mengatakan bahwa selain sejarah dan budaya, Desa Carangsari memiliki beragam spot wisata seperti wisata buatan, kuliner, edukasi dan juga alam. Tak hanya itu, Carangsari juga memiliki  beragam produk UMKM salah satunya T-Shirt.

“ Untuk itulah di saat G-20 dilaksanakan, saya akan mengajak delegasi untuk mengunjungi Carangsari. Untuk itulah saya memohon kepada para UMKM dan juga pelaku wisata Desa Carangsari agar tetap menjaganya,” tutup Sandiaga Uno.(Hs.Foto.Kombik Kemenparekraf)

 

 

Related posts