Bupati Pangandaran Tanam 2.000 Mangrove di Pantai Karangtirta

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata beserta Wakil Bupati Ujang Endin Indrawan menanam 2.000 pohon mangrove di Pantai Karangtirta, Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Sabtu (18/09/2021).

Pohon mangrove tersebut merupakan bantuan dari Air Nav Cabang Bandung, dalam rangka Peringatan World Cleanup Day 2021.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Asep Noordin, Kapolres Ciamis, Kepala Dinas Sosial dan PMD, Kepala BPBD Kabupaten Pangandaran.

“Peringatan World Cleanup Day 2021 bekerjasama dengan Air Nav, kita menanam 2.000 pohon mangrove destinasi Pantai Karangtirta ini,” ujar Bupati.

Menurutnya penanaman pohon mangrove ini sangat berperan penting dalam mengendalikan lingkungan di sekitar pantai.

Yang mana mangrove mempunyai 2 fungsi, yaitu sebagai green belt guna menahan abrasi, dan melengkapi daerah estuari. Estuaria adalah perairan semi tertutup yang terhubung bebas dengan laut, sehingga air laut dengan salinitas tinggi dapat bercampur dengan air tawar.

“Estuari yang cakupannya bukan luas tanahnya saja akan tetapi ada atau tidak adanya tanaman bakau atau mangrove, agar semakin baik keadaan perairan seputar pantai Pangandaran,” ujarnya.

Disamping itu, Bupati juga menyinggung tentang pengembangan wisata di Karangtirta. Ia menuturkan, tahun depan jalan tembus antara Pangandaran ke Batuhiu mudah-mudahan bisa terhungung, sehingga Karangtirta akan lebih maju. (Dwi.foto.dok. Humas Pangandaran)

Related posts