Cara Kenalkan Ragam Budaya Pada Anak

Apakah Ibu sudah mengenalkan keragaman budaya kepada Si Kecil? Hal ini bisa dibilang cukup penting mengingat kita hidup di Indonesia yang memiliki tingkat keragaman budaya yang tinggi. Lalu bagaimana cara mengenalkan keragaman budaya pada anak?

1.Mengajarkan berbagai bahasa
Mengenalkan keragaman budaya kepada anak bisa dimulai dengan mengajarkan anak bahasa daerah atau bahasa asing. Ini juga membantu kecerdasan linguistiknya.

2.Ajak anak mengunjungi pusat kebudayaan
Meskipun tidak melihat langsung daerah asal budaya tersebut, mengajak anak berkeliling di pusat kebudayaan dapat membantu anak mengetahui beragam budaya bangsanya sendiri. Misalnya pergi ke TMII.

3.Mengenalkan budaya dan tardisi keluarga sendiri
Ada baiknya yang pertama dikenalkan adalah budaya dari keluarga sendiri. Seperti, apa saja yang masih dilakukan dan dijunjung tinggi hingga sekarang.

4.Membacakan cerita
Bacakan atau membaca bersama buku tentang budaya atau cerita rakyat. Lakukan sebelum tidur, juga bisa gunakan benda-benda untuk alat peraga.

5.Kenali berbagai makanan tradisional
Mengenalkan anak kepada berbagai makanan tradisional pun bisa membantu memperkaya kemampuan sensorinya, dan diharapkan dapat membuat anak mudah beradaptasi di berbagai tempat kemudian hari.

6.Mengenalkan berbagai budaya dengan video
Melalui video-video atraktif yang ada di Youtube yang dibuat dengan tampilan visual menarik, melibatkan banyak gambar dan warna sehingga anak mudah mengingatnya.

7.Berikan contoh kepada anak
Berikan contoh kepada anak untuk saling menghormati dan menoleransi keragaman karena orangtua adalah role model terbaik bagi anak. (VIA)

Related posts