Cegah Virus Corona, Sejumlah Provinsi di Indonesia Meliburkan Sekolah

Jakarta,Gpriority-Wabah virus corona yang terus bertambah setiap harinya di dunia termasuk Indonesia, menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat. Data terakhir jumlah yang positif terjangkit virus corona di Indonesia ada 117 orang. Hal ini tentunya membuat pemerintah dari berbagai daerah membuat peraturan baru untuk mencegah penyebaran virus corona, salah satunya seperti meliburkan kegiatan belajar di tingkat SD, SMP, SMA, bahkan perguruan tinggi.

1. DKI Jakarta

Sekolah di Jakarta diliburkan selama 2 pekan, sejak hari senin (16/3/20). Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan yang membuat jumlah korban yang terpapar virus meningkat. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mengizinkan anaknya bepergian keluar rumah setelah sekolah diliburkan. Anies juga meminta kegiatan belajar mengajar ini dilakukan di rumah melalui metode jarak jauh atau media online. Selain meliburkan sekolah Anies juga menjelaskan penundaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) yang seharusnya berlangsung hari ini. Penundaan UNBK akan berlangsung sampai situasi dan kondisi penyebaran virus di Jakarta mereda.

2. Jawa Barat

Sama halnya dengan di Jakarta, Provinsi Jawa Barat pun membatasi kegiatan belajar mengajar di seluruh sekolah dari tingkat PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjelaskan keputusan ini diambil karena situasi penyebaran virus corona saat ini terus menunjukkan peningkatan. Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini menegaskan bahwa ini konsepnya bukan libur, namun bersekolah di rumah selama dua minggu, mulai 16-30 Maret 2020. Ia juga menghimbau agar perguruan tinggi di Jabar pun mengambil keputusan yang sama.

3. Jawa Timur

Berdasarkan pesan yang ditulis oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawangsa melalui akun instagram @khofifah.ip, menyebutkan bahwa siswa diseluruh tingkat di Jawa untuk sementar waktu belajar di rumah mulai senin (16/03/20), kecuali yang melaksanakan UN (Ujian Nasional). Khofifah pun memberikan semangat kepada siswa walaupun harus belajar di rumah, dan juga kepada siswa yang sedang melaksanakan UN, ia pun memberikan semangat untuk menggapai cita-cita ditengah wabah Covid-19.

4. Jawa Tengah

Ditengah wabah virus corona yang terus meningkat, membuat provinsi Jawa Tengah pun memutuskan untuk meliburkan siswa sekolah. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memutuskan untuk meliburkan siswa sekolah di Jawa Timur mulai 16 Maret, selama dua minggu. Sama halnya dengan provinsi Jatim, di Jateng juga tetap melaksanakan UN bagi siswa ditingkat SMA/SMK. Ganjar juga menghimbau kepada penguruan tinggi untuk meliburkan mahasiswanya, dan akan berkerja sama dengan rektor-rektor di perguruan tinggi.

5. Kalimantan Barat

Kalimantan Barat juga membuat kebijakan untuk meliburkan sementara aktivitas belajar mengajar di sekolah, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona kepada pelajar. Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, pada Minggu (15/03/20), mengadakan konferensi pers, terkait sikap Pemprov Kalbar dalam menanggulangi penyebaran virus corona. Salah satu poin yang disampaikan oleh Sutarmidji adalah meliburkan siswa dari seluruh tingkat sekolah mulai senin (16/02/20) sampai waktu yang belum ditentukan. Dan menegaskan kepada orang tua untuk tidak mengizinkan anaknya ke luar rumah, apabila diketahui ada anak sekolah yang bermain di luar rumah akan ditindak oleh Satpol PP. Untuk pelaksanaan ujian sekolah dan ujian sekolah tetap berjalan, sambil menunggu keputusan dari Kemendikbud RI.

6. Kalimantan Timur

Untuk provinsi Kalimantan Timur, belum semua daerah meliburkan siswanya sekolah, ada beberapa yang diliburkan seperti di Balikpapan, Kota Bontang, dan kabupaten Kutai Timur. Kota Balikpapan meliburkan sekolah di tingkat PAUD, SD, dan SMP sederajat selama dua minggu dari hari senin (16/02/20). Sementara untuk tingkat SMA, kewenangan untuk meliburkan para murid ada pada pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Untuk daerah Bontang, dan Kutai Timur meliburkan seluruh aktivitas belajar mengajar mulau tanggal 18 Maret 2020 selama 2 minggu.

7. Aceh

Untuk mencegah penyebaran virus corona, pemerintah Aceh pun meliburkan sekolah selama dua minggu, meski demikian, ujian nasional tetap dilaksanakan. Pemprov Aceh juga akan terus memantau perkembangan terkait penyebaran corona.

8. Bali

Bali juga sudah memberikan surat edaran kepada semua sekolah untuk belajar di rumah sampai tanggal 31 Maret 2020. Siswa belajar di rumah masing-masing dengan memanfaatkan aplikasi seperti Google Clashroom, e-learning, dan lain-lain sesuai dengan arahan dari sekolah masing-masing.

9. Banten

Provinsi Banten juga demikian, pemerintah provinsi Banten meliburkan siswa sekolah melalui kelas online dari hari Senin, 16-30 Maret 2020. Namun bagi siswa yang melaksanaka Ujian Nasional (UN) tetap masuk sekolah dan tidak diliburkan.(Dwi)

Related posts