Dianugerahi Penghargaan Bintang LVRI, Sri Sultan Ajak Kuatkan Nasionalisme

Yogyakarta, Gpriority.co.id – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LVRI menganugerahkan Tanda Penghargaan Bintang LVRI kepada Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Bagi Sri Sultan, momentum ini menjadi tonggak penguatan persaudaraan yang beralaskan pada nilai-nilai nasionalisme ke depan.

Anugerah Tanda Penghargaan Bintang LVRI diberikan Letnan Jenderal TNI (Purn) H.B.L. Mantiri, selaku Ketua Umum DPP kepada Sri Sultan di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta pada Selasa (11/6). Penganugerahan ini diberikan kepada Sri Sultan atas dharma baktinya untuk pembangunan bangsa. 

Mantiri mengungkapkan Sri Sultan, telah banyak memberikan perhatian dan bantuan moril maupun materil yang besar terhadap upaya pembinaan anggota maupun organisasi LVRI. Pemberian Surat Palilah Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat berupa pemberian izin sementara pemanfaatan tanah kesultanan kepada LVRI ialah salah satu buktinya.

“Ini adalah bentuk komitmen mulia Sri Sultan yang kami rasakan sangat besar manfaatnya bagi LVRI maupun anggota veteran secara keseluruhan. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Sri Sultan dan ijinkan kami menganugerahi Bintang LVRI sebagai Tanda Penghargaan tertinggi dari LVRI atas atensi dan kontribusi positif Sri Sultan kepada LVRI,” ujarnya seperti dilansir laman Pemprov DIY.

Sri Sultan pun menerima penghargaan tersebut dihadapan Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X, Komisaris Jenderal (Purnawirawan) Dr. Ito Sumardi, serta Sekretaris Daerah DIY, Beny Suharsono. Termasuk, jajaran Forkopimda DIY dan jajaran DPP LVRI. Terkait penghargaan tersebut, Sri Sultan menyampaikan penghargaan ini menandai betapa eratnya hubungan antar komponen bangsa Indonesia. Dirinya pun mengucapkan rasa syukur atas penghargaan yang diterima.

Ditambahkannya, momentum ini juga sekaligus menjadi tonggak penguatan persaudaraan yang beralaskan pada nilai-nilai nasionalisme ke depan. “Tindak lanjutnya menjadi sangat indah, jika bisa dilakukan berbagai kegiatan dan kolaborasi penguatan nasionalisme dan nilai-nilai kebangsaan bagi segenap warga DIY,” tandasnya.

Dirinya kemudian berharap, dengan kehormatan yang tersandang ini, selalu diberi keteguhan sikap batin, moralitas dan kearifan dalam turut berupaya menjaga nilai-nilai kebangsaan. Termasuk mampu digunakan untuk setiap kegiatan kebangsaan.  “Saya mohon doa restu, dengan kehormatan yang tersandang ini, mampu saya gunakan bagi setiap gerakan kebangsaan, seiring upaya menjalin silaturahmi dengan para veteran, yang telah memberikan segenap cintanya kepada nusa bangsa,” pungkasnya.

Foto : Istimewa