Kominfo dan Telkomsel Selesaikan Validasi Teknologi Wi-Fi 7, Kecepatan Mencapai 10 Gbps?

Jakarta, GPriority.co.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) bersama Telkomsel telah resmi menyelesaikan validasi teknologi Wi-Fi 7 pertama di Indonesia. Ini menandai kemajuan signifikan dalam pengembangan standar konektivitas Wi-Fi terbaru, yang menawarkan keunggulan seperti bandwidth yang lebih tinggi, latensi lebih rendah, dan efisiensi daya yang lebih baik.

Dilansir dari JagatGadget pada Selasa (11/6), dalam uji coba dengan spesifikasi perangkat jenis Low Power Indoor (LPI), teknologi Wi-Fi 7 menunjukkan kinerja dan stabilitas yang baik. Teknologi ini diharapkan dapat melengkapi solusi jaringan internet rumah, dengan potensi integrasi ke layanan internet rumah Telkomsel yang saat ini mengelola Indihome. Dengan dukungan Wi-Fi 7, kecepatan maksimal yang bisa ditawarkan mencapai 10 Gbps.

Kerjasama antara pemerintah, yang diwakili oleh Kominfo, dan Telkomsel ini diharapkan dapat mendorong adopsi inovasi global dan memberikan kontribusi tambahan pada ekosistem perangkat yang melibatkan industri dalam negeri.

Selain itu, regulasi penataan frekuensi akan terus dikembangkan seiring dengan perkembangan teknologi ini. Meski belum ada informasi kapan Wi-Fi 7 akan tersedia di Indonesia, banyak perangkat teknologi yang mulai mendukung teknologi Wi-Fi 7 atau Wi-Fi 802.11be, seperti router, smartphone, laptop, dan gadget lainnya.

Secara global, teknologi ini juga baru diperkenalkan, sehingga masih membutuhkan waktu untuk bisa digunakan secara luas.

Foto: Thesecmaster.com