Dokumen Dukungan Dharma Pongrekun-Kun Wardana Diverifikasi oleh KPU DKI

Jakarta, GPriority.co.id – Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta telah menyelesaikan proses verifikasi dokumen dukungan bagi bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta dari jalur independen atau perseorangan, Dharma Pongrekun-Kun Wardana, sebagai persyaratan untuk mengikuti Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta.

“Target kami idealnya satu hari, kami sudah mengundang teman-teman dari KPU Kabupaten/Kota mudah-mudahan bisa segera,” kata Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI, Dody Wijaya di Jakarta, Senin (13/5).

Dody menjelaskan bahwa dokumen pendukung dalam bentuk digital (soft file) dan fisik sebanyak 29 kontainer truk telah disiapkan untuk diverifikasi.

“Kami mengutamakan yang bentuknya ‘file’, bersama dengan Bawaslu menghitung jumlah minimal dukungannya,” ujarnya.

Pemeriksaan tersebut meliputi pengecekan kelengkapan dokumen serta verifikasi administrasi.

“Kami masih sebatas menghitung jumlahnya memenuhi syarat atau tidak, kalau memenuhi kami terima,” tambahnya.

KPU DKI menerima dokumen dukungan dari bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Dharma Pongrekun-Kun Wardana, pada Minggu (12/5) malam pukul 23.12 WIB. Pasangan tersebut mengunggah sekitar 160 ribu dokumen dukungan melalui aplikasi Silon dan sekitar 690 ribu dokumen dukungan dalam bentuk fisik.

Menurut Keputusan KPU DKI Jakarta Nomor 47 Tahun 2024, bakal calon independen harus memperoleh dukungan masyarakat sebesar 7,5 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) DKI Jakarta pada pemilu sebelumnya, yakni sekitar 618.968 dukungan yang harus disertai surat pernyataan dukungan dan KTP.

Penulis: Ahmad Faqih Zuhair
Foto: BSSN