Ekonomi Kalsel Meningkat Berkat Tangan Dingin Sahbirin Noor

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi Kalimantan Selatan pada Triwulan I tahun 2020 tumbuh sebesar 5,68 %. Angka ini lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi Kalsel di tahun sebelumnya. Tak hanya ekonomi yang meningkat, semua bidang termasuk pembangunan infrastruktur juga semakin meningkat. Untuk tingkat kemiskinan, BPS mencatat, tingkat kemiskinan di Kalimantan Selatan semakin menurun. Keberhasilan ini tidak terlepas dari tangan dingin H. Sahbirin Noor, S.Sos., M.H. 

Sahbirin Noor merupakan Gubernur Kalimantan Selatan periode 2016-2021. Pria kelahiran Banjarmasin,12 November 1967 dilantik sebagai Gubernur Kalimantan Selatan bersama wakilnya Rudi Resnawan pada 12 Februari 2016 di Istana Negara, Jakarta.

Usai pelantikan, Sahbirin Noor yang akrab dipanggil Paman Birin langsung menjalankan tugasnya. “ Tugas pertama yang akan kami lakukan adalah pengentasan kemiskinan dan kesejahteraan rakyat. Kenapa? karena di Kalimantan Selatan tingkat kemiskinan masih tinggi, akibatnya rakyat Kalimantan Selatan masih banyak yang belum sejahtera” ucap Sahbirin Noor.

Berbagai upaya dilakukan oleh Sahbirin mulai dari membuka keterisolasian, mendatangkan investor hingga mengajak masyarakat untuk melakukan niaga,bertani dan berternak. Sahbirin juga berpesan kepada para Kepala Daerah se-Kalimantan Selatan agar langkah yang dilakukannya diikuti pula oleh mereka sehingga upaya menurunkan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan di Kalimantan Selatan bisa tercapai. Usaha yang dilakukannya terbilang tidak sia-sia. Sebab angka pengangguran dan kemiskinan bisa ditekan hingga berkurang 19% di tahun 2019. Tak hanya itu, berkat langkah yang beliau lakukan perekonomian di Kalimantan Selatan juga semakin meningkat.

Keberhasilan ini tidak membuatnya berbesar hati, justru menjadikannya sebagai cambuk agar kesejahteraan rakyat semakin meningkat di tahun selanjutnya.(Hs.Foto:Istimewa)

Biodata
Nama                             : H. Sahbirin Noor, S.Sos., M.H. 
Tempat/Tanggal lahir : Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 12 November 1967

Riwayat Pendidikan :
1.MI TPI Budi Mulia Sei. Jingah Banjarmasin (1982)
2.SMP Negeri 10 Banjarmasin (1985)
3.SMA Negeri 5 Banjarmasin (1988)
4.S1 Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary, Banjarmasin (1995)
5.S2 Universitas Putra Bangsa, Surabaya (2005)

Riwayat Jabatan :
1.Direktur Utama PT. Jhonlin Sasangga Banua
2.Gubernur Kalimantan Selatan (2016–2021)

Related posts