F8 Makassar 2022 Akan Hadirkan Artficial Intelligence

Jakarta, GPriority.co.id – Makassar International Eight Festival and Forum atau F8 Makassar akan kembali digelar tahun ini setelah sempat terhenti di tahun 2019 karena Pandemi Covid-19. Recananya, F8 akan digelar pada 7 – 11 September 2022 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
F8 adalah festival tahunan seni, budaya, dan hiburan yang terdiri dari 8 bidang kegiatan yang semuanya dimulai dengan huruf “F”, yaitu food, flora and fauna, fashion, film, fiction writer, fussion jazz, folk, dan fine art.
Acara ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2016 dan sejak tahun kedua, F8 telah masuk dalam 10 event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Di tahun ini, F8 juga masuk dalam Top 10 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 yang diluncurkan Menparekraf pada Maret lalu.
F8 selalu mengusung tema yang berbeda-beda setiap tahun untuk memberikan keunikan penyelenggaraannya. Pada F8 tahun ini rencananya akan mengusung konsep perkembangan zaman dengan menawarkan Artificial Intelegency (AI) atau kecerdasan buatan yang akan diterapkan dalam konsep smart city.
Diakui oleh Walikota Makassar bahwa konsep kegiatan F8 saat ini masih dikembangkan, namun dipastikan akan menawarkan sesuatu yang menarik. Salah satunya dengan menampilkan sisi teknologi yang diusung dalam F8, yakni Artificial Intelegency (AI) atau kecerdasan buatan. Konsep AI itu mulai dari digitalisasi Makassar Heroes, hingga Augmented Reality Zoo.
Selain itu, konsep F8 sebelumnya juga akan tetap dipertimbangkan untuk dimasukkan ke dalam event tahun ini. Seperti kegiatan yang mengangkat isu-isu lingkungan hidup sebagai bagian dari program peduli lingkungan.
Sejak digelar pada 2016, event ini telah berhasil menyedot perhatian masyarakat lokal,nasional, bahkan mancanegara. Festival ini mengundang perhatian perwakilan dari negara-negara sahabat. Mereka ada yang menampilkan potensi budaya dari masing-masing negaranya tapi ada juga yang hadir sebagai penonton saja.
Pada edisi F8 sebelumnya di bidang fashion, menampilkan hasil karya berbagai desainer dari penjuru Indonesia, terutama dari Makassar. Fashion designer terkenal, seperti Ivan Gunawan pernah menampilkan karyanya di panggung fashion F8.
Di kategori bidang kuliner atau food, pengunjung bisa mencicipi aneka kuliner khas Makassar dengan rasa autentik. Semua jenis makanan tradisional hingga modern, mulai dari Coto Makassar hingga Sop Konro semuanya tersedia di festival ini.
Sementara di bidang seni tulis menulis atau fiction writers, biasanya akan digelar seminar dan talk show terkait dunia penulisan dengan narasumber merupakan penulis nasional dan internasional.
Di bidang fine art atau seni rupa, beberapa pematung dan seniman ternama biasanya menampilkan karya – karya terbaik mereka dari berbagai jenis seni rupa yang ada, mulai dari seni lukis hingga pahat.
Sedangkan, di bidang flora and fauna pengunjung bisa menyaksikan hewan-hewan unik khas Makassar beserta tumbuh-tumbuhan yang biasanya hanya bisa disaksikan lewat buku atau layar digital. Di F8, beberapa dari tumbuhan dan hewan akan ditampilkan secara langsung.
Kemudian ada musik yang merupakan pertunjukkan paling populer di F8. Musik di sini dikenal dengan musik fusion karena menampilkan jenis musik dari semua genre, mulai dari tradisional sampai pop.
Penyanyi dan band ibu kota biasanya diundang untuk mengisi acara ini. Beberapa artis yang pernah memeriahkan F8 Makassar adalah Cokelat, ADA Band, Padi Reborn. Bahkan, musisi asal Jepang Hiroaki Kato juga pernah menampilkan pertunjukkan musik di festival ini.
Terakhir di bidang film, F8 menghadirkan sineas, sutradara dan pekerja film lainnya sebagai narasumber dalam acara bincang-bincang seputar film. Pemutaran beberapa film juga kerap dilakukan di sini, seperti Dendang Bantilang yang bernuansa kearifan lokal masyarakat Bugis-Makassar.
Walikota Makassar berharap dengan adanya F8 2022 di bulan September nanti mampu membangkitkan ekonomi masyarakat yang terpuruk karena pandemi. (Vn)

Related posts