Fakta Vaksin Moderna yang Mulai Digunakan di Jakarta

Vaksin Covid-19 jenis Moderna akan digunakan utuk masyarakat umum di Jakarta. Vaksin pun mulai didistribusikan untuk penyuntikan masyarakat umum ke seluruh wilayah kabupaten/kota administrasi di DKI Jakarta.

Bedasarkan Surat Nomor 8561/-1.772.1 yang dikeluarkan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, jumlah vaksin Moderna yang didistribusikan sebanyak 200.060 dosis. Dalam surat tersebut juga tertulis bahawa waktu penyuntikan vaksin paling lambat dilakukan 3 Oktober 2021.

Vaksin Moderna sendiri merupakan vaksin untuk mencegah infeksi virus SARS-CoV-2 atau Covid-19, yang dikembangkan sejak Januari 2020 oleh Moderna and Vaccine Research Center at the National Institute of Allergy and Infectious Disease (NIAID) di Amerika.

Vaksin jenis mRNA (messenger RNA) ini tidak menggunakan virus yang dilemahkan atau dimatikan, melainkan menggunakan komponen materi genetik yang membuat sistem kekebalan tubuh memproduksi spike protein. Protein tersebut merupakan bagian dari permukaan virus Corona yang akan memicu sistem imun untuk menghasilkan antibodi yang bisa melindungi tubuh saat terinfeksi virus Corona.

Kelebihan vaksin Moderna yaitu memiliki efikasi atau kemanjuran mencapai 94,1 persen untuk kelompok usia 18-65 tahun. Bagi yang memiliki usia diatas 65 tahun efikasi mencapai 86,4 persen.

Vaksin Moderna disebutkan dapat menghasilkan antibodi terhadap varian Delta dan varian lainnya seperti Beta, Kappa, dan Gamma. Selain itu berdasarkan uji klinis fase ketiga menyatakan bahwa vaksin Moderna dapat diberikan kepada masyarakat dengan komorbid atau orang dengan penyakit seperti paru kronis, obesitas, diabetes, HIV, penyakit jantung, hingga penyakit lever hati.

Adapun syarat penerima vaksin Moderna merupakan masyarakat umum yang belum pernah mendapatkan vaksin 1 dan 2. Kemudian untuk masyarakat yang tidak bisa menggunakan vaksin jenis AstraZenecca dan Sinovac berdasarkan alasan medis yang dibuktikan oleh surat keterangan dokter.

Vaksin jenis Moderna juga dikhususkan bagi warga ber-KTP DKI Jakarta atau berdomisili di Jakarta dibuktikan dengan surat resmi yang dikeluarkan minimal RT setempat.

Untuk lokasi pelayanan vaksin tersebar di seluruh wilayah Jakarta, diantaranya:
1. Jakarta Pusat (RSUD Cipto Mangunkusumo, RSPAD Gatot Subroto, RSUD Tarakan, RS St Carolus, RS Abdi Waluyo, Pusat Pelayanan Kesehatan Pegawai Balaikota DKI Jakarta, dan Puskesmas Kec. Menteng)
2. Jakarta Utara (RSUD Koja, RSUD Cilingcing, RSUD Pademangan, RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, Puskesmas Kec. Tanjung Priok).
3. Jakarta Selatan (RSUD Fatmawati, RSUD Pasar Minggu, RSUD Pesanggrahan, RSUD Mampang Prapatan, RS Mayapada Lebak Bulus, RS Pondok Indah, RS Medistra, RS MMC, RSIA Brawijaya, Puskesmas Kec. Setiabudi).
4. Jakarta Barat (RS Dharmais, RSUD Cengkareng, RSUD Taman Sari, RSUD Kalideres, RS Pelni, Puskesmas Kec. Grogol Petamburan).
5. Jakarta Timur (RS Polri Said Sukamto, RSUD Budhi Asih, RSUD Pasar Rebo, RSU Adhyaksa, RSUD Kramat Jati, RS Antam Medika, Puskesmas Kec. Kramat Jati. (dwi.foto.dok.Kementerian Kesehatan)

Related posts