Hindari Diet Yo-yo Penyebab Gangguan Kesehatan


Setiap orang menginginkan bentuk tubuh yang ideal dengan mencoba berbagai macam jenis diet, namun dengan menjalankan pola diet yang tidak konsisten tersebut akan menimbulkan efek negatif yang disebut dengan diet yoyo.

Diet yoyo, yoyo effect atau weight cycling merupakan kondisi seseorang yang mengalami kehilangan berat badan dan mendapatkan berat badan itu kembali secara cepat dan berulang setelah melakukan diet yang berbeda-beda.

Seperti gonta-ganti jenis pola makan yang disebabkan oleh rasa ketidak puasan dengan pola diet yang sudah dijalani, atau bakan ada perasaan terlena karena diet yang sebelumnya telah mencapai berat badan yang ideal.

Pola makan atau diet yang tidak teratur ini tentu saja akan berdampak buruk bagi kesehatan, seperti meningkatkan hormon kortisol yang menimbulkan stres. Hormon kortisol yang diproduksi terlalu banyak dapat memicu perkembangan penyakit jantung, kanker, dan diabetes tipe 2.

Diet yang tidak sehat juga dapat meningkatkan massa lemak dalam tubuh serta berkurangnya massa otot. Penelitian yang terbit di jurnal Clinical Nutrition pada 2011 menunjukkan bahwa efek diet yoyo dapat meningkatkan lemak di perut dengan meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit kronis.

Selain menimbulkan efek pada kesehatan, diet yoyo ini juga berdampak pada kondisi psikologis. Berat badan yang naik lagi setelah mencapai berat yang ideal dapat membuat kita merasa putus asa.

Punya rasa kepercayaan diri lebih rendah dan kurang puas terhadap tubuh yang mereka punya dibandingkan dengan individu yang tidak mengalaminya. Juga dapat menjadi depresi atau merasa gagal karena ketidakmampuan mereka untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan menetapkan tujuan yang jelas dalam melakukan diet, rencanakan dulu diet apa yang akan dipraktikan, dan lakukan dengan konsisten. Tidak perlu melakukan diet yang ekstrim demi menurunkan berat badan yang cepat.

Jangan mengurangi porsi makan saja, namun ubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Ikuti aturan diet sederhana yakni perbanyak konsumsi sayur dan buah, batasi konsumsi lemak, serta imbangi dengan olahraga teratur, dan olahraga secara teratur. (Dw.foto.dok.Istimewa)

Related posts