HUT Ke-23 Apkasi, Mendagri Sampaikan Makna Penting dalam Pilkada Serentak 2024

Penulis: Dimas | Editor: Lina F | Foto: Apkasi

Jakarta,GPriority.co.id-Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyapaikan soal spirit Pilkada sertentak 2024 di hadapan para Bupati dalam perayaan syukuran hari ulang tahun ke-23 Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) yang berlangsung di Kebumen, Kamis (22/06).

Ia mengangatkan bahwa spirit dari pilkada serentak ini adalah adanya semangat keserentakan agar memudahkan singkronisasi antar pusat dan daerah. Dalam hal ini Ia sangat memahami ada kegalauan di hati para kepala daerah terkait masa jabatan.

“Di tengah jalannya pemerintahan ini ada kepala daerah yang baru masuk, sehingga ini tidak seragam masa bhaktinya. Di sinilah nantinya spirit pilkada serentak ini akan memudahkan sinkronisasi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional dengan di Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah yang mencakup sebanyak 552 daerah di seluruh tanah air,” kata Tito dalam keterangan tertulis, dikutip GPriority, Jumat (23/6).

Hingga, Tito mengakui menjelang pilkada serentak tahun depan, memunculkan konsekuensi adanya Penjabat atau Pj untuk mengisi kekosongan para kepala daerah yang habis masa bhaktinya.

Tito menuturkan bahwa Indonesia sudah memulai sistem otonomi daerah sejak 1999 yang ditandai dengan terpilihnya kepala daerah hasil pemilihan langsung dengan dampak positif dan negatif.

“Di sisi lain saat ini ada Pj yang merupakan birokrat yang ditunjuk dan notabene tidak ada beban politik seperti kepala daerah hasil pilkada. Inilah real test yang akan menentukan sistem politik otonomi daerah kita ke depannya seperti apa, mana yang lebih efektif dan efisien serta membawa perubahan besar,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan, mewakili teman-teman Bupati memberikan apresiasi yang tinggi dan ucapan terima kasih kepada Mendagri Tito Karnavian, yang telah hadir memenuhi undangan dan selalu mendukung setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Apkasi.

“Bahkan, jika kami meminta untuk audiensi kepada Pak Menteri, selalu diberikan waktu walau beliau sibuk menjalankan tugas-tugas Negara. Hal ini menandakan, bahwa Pak Menteri sangat sayang dan sangat memberikan perhatian kepada kami saat membutuhkan solusi atas permasalahan-permasalahan daerah yang kami hadapi,” imbuh Bupati Dharmasraya ini.

Tak lupa Sutan Riska juga mengapresiasi langkah Mendagri yang sangat concern dan intens memimpin rapat dengan para kepala daerah agar aktif memantau tingkat inflasi yang terjadi di daerah dan selalu memberikan arahan jika terjadi lonjakan inflasi di daerah.

“Rekan-rekan bupati tentunya berupaya keras untuk bangkit dari keterpurukan di bidang ekonomi akibat pandemi Covid-19. Selain penambahan dana dari Pusat melalui DAU dan DAK, pemda perlu memiliki sumber lain untuk pembangunan, yaitu melalui investasi. Investasi ke daerah menjadi salah satu alternatif untuk membangkitkan kembali perekonomian di daerah,” ujarnya.

Adapun Siska juga menyampain bahwa pada 20-22 Juli 2023 bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Kabupaten Tangerang, Apkasi akan menyelenggarakan Pemeran Perdagangan, Pariwisata dan Investasi bertajuk Apkasi Otonomi Expo Tahun 2023. Kegiatan tersebut dilakukan bersamaan dengan dilaksanakannya Rapat Kerja Nasional ke-15 Apkasi pada tanggal 20 Juli 2023.