Ingin ASI Lancar, Ini Daftar Makanan Sehat Bagi Ibu Menyusui

ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Memberikan ASI selama 6 bulan pertama usia sang buah hati merupakan pilihan tepat. Air susu ibu mengandung sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan bayi.

Setiap hari tubuh aktif memproduksi ASI. Sehingga tidak heran jika Ibu selalu merasa lapar ketika menyusui bayi. Rasa lapar ini berasal dari jumlah kalori yang digunakan tubuh untuk memproduksi ASI.

Untuk itu, Ibu perlu mengisi tubuh dengan makanan kaya nutrisi. Makanan apa saja yang baik dikonsumsi untuk ibu menyusui?

1.Bayam
Sayur bayam mengandung zat besi yang sangat bermanfaat untuk mencegah ibu anemia. Selain zat besi, bayam juga mengandung asam folat, kalsium, dan vitamin K. Mengonsumsi bayam setiap hari bermanfaat mencerdaskan otak bayi.

2.Gandum
Gandum kaya serat, sehingga dapat membuat kenyang lebih lama. Serat pada gandum bisa membuat bayi kenyang lebih lama dan memperlancar pencernaannya.

3.Brokoli
Sayuran hijau lainnya selain bayam adalah brokoli, yang dipercaya sebagai salah satu sayuran hijau kaya manfaat. Sayuran ini cocok dikonsumsi semua orang. Sama seperti bayam, brokoli juga mengandung asam folat yang dapat mencerdaskan otak.

4.Salmon
Jenis ikan yang satu ini dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan bayi. Ikan salmon kaya DHA, serta bermanfaat membantu mengembangkan sistem sarafnya. Sesungguhnya ASI sendiri sudah mengandung DHA, tetapi kandungan dalam salmon lebih tinggi. Jadi tak ada salahnya jika kamu mengonsumsi ikan salmon setiap harinya.

5.Nasi merah
Selain gandum, nasi merah juga bisa menjadi pilihan selanjutnya. Nasi merah mengandung kalori yang berguna untuk produksi ASI yang berkualitas tinggi.

6.Kacang hijau
Ini adalah salah satu makanan yang paling wajib dikonsumsi ibu menyusui. Kacang hijau direbus dan dikonsumsi bersama dengan airnya setiap hari. Dijamin ASI jadi makin lancar.

7 Yogurt
Yogurt dikenal bisa membantu memperlancar pencernaan manusia. Tak hanya itu, yogurt juga bermanfaat bagi tulang sang ibu dan bayi, karena rendah lemak dan tinggi kalsium.

8.Telur
Telur adalah sumber protein yang baik bagi ibu menyusui. Dianjurkan untuk memilih telur yang diperkaya DHA agar kadar asam lemak esensial ASI meningkat.

9.Air Putih
Ibu menyusui sangat berisiko mengalami dehidrasi. Maka, memenuhi kebutuhan air putih menjadi hal yang sangat penting.

10.Produk Susu Rendah Lemak
Mengkonsumsi susu atau produk olahan susu rendah lemak, seperti yogurt atau keju, penting bagi ibu menyusui. Vitamin D, vitamin B, dan protein yang terkandung di dalamnya merupakan sumber kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang bayi. Dianjurkan untuk meminum setidaknya 3 gelas susu rendah lemak setiap hari. (VIA)

Related posts