Ini Dia Hasil Alam Kabupaten Kerinci yang Tembus Pasar Internasional

Jakarta, GPriority.co.id – Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi memiliki segudang potensi alam yang menjanjikan salah satunya hasil Perkebunan. Bahkan, hasil perkebunan seperti kopi dan kayu manis sudah tembus pasar international.

”Diantaranya adalah kentang, kopi dan kayu manis, kopi arabika. Untuk kopi dan kayu manis sudah ke beberapa negara, seperti Amerika, Belgia, Belanda dan termasuk juga di Inggris,” kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kerinci, Osra Yandi kepada GPriority di Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada Rabu (10/7).

Osra mengatakan, sistem penjualannya tergantung nilai pasarnya tinggi disitu dikirim. Untuk harga, Kadis Osra menyebut kopi kerinci tengah melonjak dibanderol 75-120 ribu per kilogram tergantung kualitasnya. Sedangkan kayu manis, mulai dari 45-75 ribu perkilogram tergantung mulai dari KA, KB.

”Itu seperti kopi, kalo sudah jadi berasnya sekarang ini sedang melonjak harganya apalagi arabika, dari 75-120 ribu tergantung kualitasnya, kalo kayu manis itu ada tinggkatannya lagi mulai dari KA, KB kita jual antara 45-75 ribu itu kayu manis sudah jadi stiknya,” sebutnya.

Disamping itu, Osra berharap lewat potensi pasar ini dapat mensejahterkan petani lokal. Dia juga berharap pemerintah dapat menaruh perhatian dalam mengembangkan potensi tersebut.

“Kedepannya kita ingin, memikirkan bagaimana kesejahteraan petani ini supaya produk unggulan ini terus berkesinambungan setidaknya setiap bantuan harus di kucurkan untuk masyarakat khususnya petani kayu manis dan kopi. Supaya bahan-bahan ini terus tersedia, kalau harga tinggi petani terus mengkonsumsi dan menanamnya Kembali, kalau ini terputus akan habis, jadi harapan saya supaya stoknya banyak, jadi harapan kita memperhatikan dan focus memberikan bantuan kepada masyarakat,” ucapnya memungkasi.

Foto: Dimas A Putra/GPriority