Kepala Bappenas Suharso:Pelaksanaan Musrenbangnas Sangat Penting Bagi Penyusunan RKP

Jakarta,gpriority-Kementerian PPN/Bappenas pada Kamis (30/4) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2020.

Berbeda dengan Musrenbangnas sebelumnya, tahun ini digelar melalui video teleconference akibat Covid-19.

Dalam sambutannya Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan Musrenbangnas online merupakan suatu jalur baru yang dipergunakan.

Lebih lanjut dikatakan Suharso, tahun ini merupakan tantangan yang sangat berat bagi pembangunan nasional akibat adanya covid-19 .Meskipun demikian pelaksanaan Musrenbangnas sangat penting dilaksanakan di tahun 2020 ini dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2021 yang erat kaitannya dengan tantangan yang disebabkan oleh Covid-19.

“Covid-19 telah menimbulkan dampak yang cukup besar bagi pembangunan nasional.Wabah tersebut berpengaruh terhadap pencapaian sasaran RPJMN 2020-2024,” ucap Suharso.

Lebih lanjut dikatakan Suharso akibat Pandemi Covid-19 menyebabkan adanya koreksi cukup tajam terhadap sasaran ekonomi pada 2020. Karena pembiayaan pembangunan menjadi berkurang akibat pengalihan pembiayaan ke Covid-19.

“Bahkan wabah ini berpengaruh pada kondisi ekonomi 2021,” ucap Suharso.
Suharso sendiri optimis bahwa covid-19 akan segera berakhir sehingga skenario agenda pemulihan ekonomi setelah Covid-19 menjadi bagian penting dalam kerangka ekonomi makro RKAP 2021.

Dalam kesempatan yang sama Suharso mengatakan, dalam Musrenbangnas kali ini juga akan mengumumkan daerah-daerah penerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD).

” PPD merupakan bentuk penhargaan atas prestasi pemerintah daerah dalam pelaksanaan dan perencanaan pembangunan di daerahnya.Saya berharap dengan adanya penghargaan ini bisa meningkatjan kualigas pembangunan di daerah,” ujar Suharso.

Daftar Peraih PPD 2020
Kategori Provinsi: 3. Jawa timur , 2.Bengkulu,1.jateng
Kategori Kabupaten :3.Bangka,2.Poso,1.Temanggung
Kategori Kota : 3.Padang, 2.Yogyakarta ,1.Semarang.(Hs.Foto.dok.Setkab)

Related posts