KIP Aceh Tamiang Ajak Organisasi PWI Dapat Bersinergi Sukseskan Pemilu 2024

Aceh, GPriority.co.id – Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh, Rita Afrianti mengajak dan berharap media massa di kabupaten itu dapat bersinergi dalam mensukseskan pemilu serentak yang hanya tinggal hitungan hari lagi.Rita menilai, media massa, baik cetak, televisi, dan elektronik memiliki peran besar dan penting. Khususnya dalam menyebarluaskan informasi valid ke masyarakat, baik itu sumbernya dari KPU maupun Bawaslu.

Sebab, kata dia media merupakan corong informasi ke masyarakat, terlebih saat sekarang ini, dimana sedang akan berlangsung momen hajatan besar di negara ini, yakni pemilu serentak Pileg dan Pilpres 2024.

“Terkait pemberitaan pastinya. Baik itu yang sumbernya dari penyelenggara (KIP), Pengawas (Bawaslu), maupun langsung dari masyarakat umum,” kata Rita saat ngopi bareng dengan Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin, di salah satu Kafe di Karang Baru, Minggu (14/1).

Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin beserta pengurus PWI Aceh Tamiang ngopi bareng bersama Ketua KIP Aceh Tamiang, Rita Afrianti, Minggu (14/1) (Foto: Zulfitra/gpriority.co.id)

Untuk itu, di kesempatan ngopi bareng tersebut, Rita mengajak semua rekan-rekan wartawan, khususnya yang tergabung di organisasi pers PWI, nantinya dapat menyajikan dan menyebarluaskan berita terkait pemilu secara baik, sehingga pemilu kedepan dapat berjalan lancar dan sukses.

“Tentunya KIP ingin menciptakan pemilu yang inklusif dimana semua orang dari berbagai elemen dapat terlibat langsung di dalamnya. Maka peran media disini sangat penting untuk mewujudkan itu,” katanya.

Rita mengatakan, KIP Aceh Tamiang sendiri akan berusaha semaksimal mungkin dalam menjalankan amanah yang diemban dalam pesta demokrasi tahun ini, serta akan berusaha menjalankan tugas-tugas dengan profesional dan berintegritas guna memberikan kepercayaan kepada publik.

Menurutnya, dengan era yang serba digital saat ini, ia memastikan tidak akan terjadi masalah tertukarnya surat suara. Karena, Rita menganggap semuanya sudah menggunakan sistem. Jadi, Rita mengimbau, seluruh masyarakat di Kabupaten Aceh Tamiang yang saat ini namanya belum terdaftar, dapat mengeceknya langsung ke aplikasi Sidalih. Dan untuk melihat hasil pleno juga dapat dilihat di Sirekap.

“Jadi kalau masih ada sebagian masyarakat yang berfikir bahwa pemilu masih bisa dicurangi, jelas itu keliru dan dianggap pola pikirannya masih kuno,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin berharap sinergitas yang saat ini sudah terbangun dengan baik bersama KIP Aceh Tamiang harus terus ditingkatkan, terlebih jelang Pemilu 2024 yang tinggal menghitung hari.

“Saya berpesan kepada kawan-kawan di PWI Aceh Tamiang untuk mendukung kinerja KIP, agar Pemilu 2024 ini berjalan lancar dan sukses,” harap Nasir Nurdin.

Senada dengan Ketua KIP, Nasir Nurdin juga menilai peran Wartawan memang sangat penting dalam menyampaikan informasi terkait seluruh tahapan pemilu agar tersampaikan dengan utuh di masyarakat.

“Wartawan harus jadi corong informasi bagi masyarakat, khususnya berkaitan dengan Pemilu. Harapannya melalui berita masyarakat dapat menjadi pemilih yang cerdas dalam menentukan pemimpin kedepan,” ujarnya.

Lebih jauh, pada kesempatan itu, Ketua PWI Aceh juga menyampaikan beberapa informasi tentang perkembangan kepengurusan PWI Aceh ke PWI Aceh Tamiang, diantaranya tentang peningkatan status wartawan hingga koperasi PWI Aceh yang telah terbentuk saat ini.

“Tentunya saya meminta dukungan dari kawan-kawan di daerah agar program PWI Aceh kedepannya berjalan dan berkembang ke arah yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Foto: Zulfitra