Kopiah Meukeutob Jadi Warisan Budaya Tak Benda Nasional

Aceh,Gpriority-Setelah melakukan sidang Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) yang berlangsung secara virtual beberapa waktu lalu, Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Pusat RI menetapkan Kupiah meukutop (kupiah khas Aceh berasal dari Pidie) sebagai warisan budaya tak benda.

Menurut Kepala Bidang Sejarah dan Nilai Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Evi Mayasari dalam siaran persnya beberapa waktu yang lalu mengatakan, Ditetapkannya Kupiah Meukeutob sebagai Warbudnas, kata dia, maka total Karya Budaya Tak Benda Aceh yang telah ditetapkan sebagai Warbudnas menjadi 40 karya budaya.

” Untuk itulah Aceh patut berbangga, karena satu lagi karya budaya Aceh jadi warisan budaya tak benda,” jelas Evi.

Lebih lanjut dikatakan Evi dari 19 karya yang diusulkan hanya satu saja yang diterima oleh tim ahli warbudnas (Warisan Budaya Nasional), sisanya masih tidak memenuhi syarat.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin menambahkan bahwa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh akan terus melakukan pendataan kebudayaan Aceh secara bertahap. Keseluruhannya juga akan diusulkan dapat ditetapkan menjadi WBTB Nasional setiap tahunnya secara bertahap.(Hs.Foto.Humas Aceh)

Related posts