Mendag Resmikan Dua Pasar Rakyat di Riau

Jakarta, GPriority.co.id – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meresmikan dua pasar rakyat di Provinsi Riau, yaitu Pasar Rakyat Palapa di Pekanbaru dan Pasar Rakyat Minggu di Kabupaten Rokan Hulu pada Senin (24/6).

Acara peresmian dipusatkan di Pasar Rakyat Palapa, Pekanbaru, dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita sebagai tanda dimulainya operasional kedua pasar tersebut.

Dalam sambutannya, Zulkifli Hasan menekankan pentingnya pasar rakyat sebagai penopang utama pertumbuhan ekonomi rakyat. Revitalisasi pasar rakyat, menurutnya, merupakan program pemerintah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Peresmian pasar rakyat di Pekanbaru dan Rokan Hulu menjadi program pemerintah karena pasar adalah salah satu sarana penting, apalagi pasar rakyat. Pasar rakyat ini salah satu yang membuat ekonomi Indonesia stabil. Pasar rakyat dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan penyokong utama ekonomi Indonesia,” ujar Mendag dilansir keterangan persnya, Selasa (25/6).

Zulkifli Hasan berharap pasar rakyat dapat menjadi sarana untuk pemerataan ekonomi rakyat sesuai dengan tujuan kemerdekaan Indonesia, serta menjadi tempat pelatihan kewirausahaan.

“Kita ingin Indonesia maju dengan kepemilikan masyarakat banyak dan kesetaraan bukan konglomerasi. Itulah tujuan Indonesia merdeka yaitu adil bagi seluruh rakyat Indonesia, termasuk ekonomi Pancasila artinya memperluas kepemilikan. Salah satu caranya dengan pasar mendekatkan kepada masyarakat. Selain itu, pasar rakyat untuk mengembangkan UMKM karena kewirausahaan itu mesti dilatih,” jelasnya.

Pembangunan kedua pasar rakyat ini menggunakan anggaran Dana Tugas Pembantuan Kemendag tahun anggaran 2023 dengan nilai masing-masing Rp3 miliar, sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 18 tahun 2023.

Kedua pasar ini dirancang berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) Pasar Rakyat, dengan fokus pada kebersihan, keamanan, dan kenyamanan pengunjung. Di pasar tersebut dijual berbagai barang kebutuhan pokok, ikan, ayam, sayur-mayur, dan pakaian.

Pasar Palapa berdiri di atas lahan seluas 1.064 m² dengan luas bangunan 750 m², dan mampu menampung 130 pedagang setelah revitalisasi. Sementara itu, Pasar Minggu berdiri di atas lahan seluas 25.751 m² dengan luas bangunan 459 m², yang mampu menampung 60 pedagang, terdiri dari 12 kios dan 48 los.

Hadir dalam acara peresmian ini Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Riau Indra, Asisten II Sekretariat Daerah Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Plt. Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto, dan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Isy Karim.

Foto: Kemendag