Mengenal Bipang Ambawang Khas Kalimantan

Bipang Ambawang yang sedang ramai dibicarakan merupakan kuliner babi panggang khas Kalimantan Barat. Ciri dari sajian ini adalah terbuat dari daging babi kampung muda. Tektsurnya yang lembut membuat daging babi panggang ini sangat diminati. Diolah dengan bumbu rempah khas Dayak, membuat sajian ini berbeda dari olahan daging babi lainnya.

Cara mengolahnya tak sembarangan. Bipang Ambawang dibuat dari babi kampung muda berusia 3 sampai 5 bulan yang dipanggang. Satu ekor babi tersebut memiliki berat sekitar 10 sampai 20 kg.

Cara membuatnya, Bipang Ambawang dipanggang dengan arang yang membara. Setelah diolah, babi panggang ini memiliki tekstur kulit garing, sedikit lemak, dan daging yang lembut.

Bipang Ambawang disajikan dengan cocolan sambal yang khas. Salah satu cocolan khas dari Bipang Ambawang adalah sambal antuha, yaitu sambal terasi yang dipadukan dengan perasan jeruk sehingga memberi sensasi pedas-asam yang menyegarkan. Selain itu, Bipang Ambawang juga disajikan dengan cocolan sambal jeruk yang rasanya mirip bumbu asam manis. (VIA)

Related posts