Menkominfo Buka Konvensi Nasional Media Massa: Pers Mewujudkan Demokrasi di Era Digital

Jakarta, GPriority.co.id – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi resmi membuka Konvensi Media Massa di Candi Bentar pada Senin (19/2).

Bertajuk “Pers Mewujudkan Demokrasi di Era Digital”, acara tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2024 yang jatuh setiap tanggal 9 Februari.

Dalam sambutannya, Budi mengapresiasi penyelenggara HPN 2024 dalam hal ini Dewan Pers dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) untuk mengingatkan menjaga keutuhan bangsa.

“Pers sebagai pilar demokrasi perlu untuk terus kita dukung ditengah distrupsi, teknologi dan digitalisasi saat ini dunia pers terus berevolusi setelah mengalami digitalisasi dan kemunculan social media, saat ini kita sedang berada di Artificial Intelegen (AI),” ujar Budi.

Menurut Budi, perkembangan pers menghadirkan peluang dan tantangan, namun di satu sisi, pers mampu memanfaatkan fungsi AI untuk memaksimalkan kerja jurnalisme.

Menghadapi tantangan tersebut, Budi pun mengajak insan Pers untuk tidak gentar dalam menangkap peluang yang dihadirkan dari teknologi digital.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PWI sekaligus penanggung Jawab Penyelenggara, Hendry CH Bangun mengatakan dalam konvensi tersebut, para narasumber yang dihadirkan dinilai mampu memberikan informasi terkait perkembangan dunia jurnalisme saat ini.

Ia berharap kualitas jurnalistik dapat terus ditingkatkan.

“Masyarakat sudah berharap ingin mendapatkan informasi maupun opini, antara kebenaran dan hoaks, jangan sampai persepsi publik dan opini publik terbentuk dari fakta-fakta yang tidak akurat, yang menyesatkan bahkan ada yang mengadu domba,” tuturnya.

Perlu diketahui, kegiatan Konvensi Nasional Media Massa berlangsung selama 2 hari mulai dari 19 Februari hingga 20 Februari 2024.

Adapun narasumber yang dihadirkan antara lain, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, Ketua Dewan Pers Niniek Rahayu, hingga Wamenlu Pahala Nugraha Mansury.

Foto : Dimas A Putra