Pakai Bahan Polypropylene Spundbound,RSUD dr Moewardi Produksi APD Sendiri

Jakarta,Gpriority-Untuk keperluan rumah sakit dalam menangani covid-19,RSUD dr Moewardi Surakarta mengklaim bisa memproduksi alat pelindung diri (APD) sendiri yang bahannya berasal dari Polypropylene Spundbound.

Bambang SW selaku Kepala Bidang Pelayanan RSUD dr Moewardi mengatakan, ide pembuatan APD tersebut berawal dari kesulitannya mencari APD di pabrikan. Pihaknya kemudian mencari bahan apa yang digunakan pabrikan untuk membuat APD itu.

Meski dibuat sendiri, namun standar dan prosedur keamanan tetap diterapkan. Sebelum dibuat, para penjahit juga sudah dipastikan dalam kondisi sehat, bersih dan melakukan cuci tangan.

Untuk harganya, Bambang mengatakan proses pembuatan satu APD hanya menghabiskan biaya Rp50 ribu. Adapun jika membeli APD buatan pabrik, harganya mencapai Rp150 ribu per pak.

Inovasi yang dilakukan RSUD dr Moewardi ini diapresiasi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dengan terpecahkannya masalah kekurangan APD yang sempat dikeluhkan banyak rumah sakit, kini pihaknya sedang berusaha mencari terobosan baru dalam rangka pemenuhan masker.

“APD ini sulit dicari, bahkan di beberapa daerah ada yang teriak-teriak kekurangan APD sampai pakai mantel. RSUD dr Moewardi berhasil membuat inovasi dan kreativitas dengan membuat APD sendiri yang hasilnya sama dengan yang dijual pabrikan dan harganya jauh lebih murah. Silakan rumah sakit di seluruh Jateng koordinasi dengan Dinkes Jateng apabila kekurangan APD. Kalau ada yang ingin belajar membuatnya sendiri juga boleh, datang langsung ke Moewardi,” tutup Ganjar.(Hs)

Related posts