Persiapan Sidang Paripurna ke Tiga Ditengah Wabah Covid-19


Jakarta,Gpriority-Rapat paripurna untuk pembukaan masa sidang ketiga sesuai dengan protokol penanganan covid-19 yang ditentukan Pemerintah. Sidang tersebut akan dilaksanakan di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen MPR/DPR-DPD, Senayan Senin (30/03/20). Sidang akan tetap dilakukan ditengah wabah virus corona, berbagai persiapan pun dilakukan secara detai dan teknis oleh kesekjenan DPR, seperti kehadiran peserta rapat sebagian besar menggunakan teknologi informasi secara virtual.

Adapun yang akan hadir secara fisik pun masih ada diantaranya yaitu yang akan memimpin rapat sekitar dua sampai tiga orang, pimpinan fraksi-fraksi 9 orang, kemudian pimpinan alat kelengkapan dewan, dan lain-lain. Bisa diperkirakan yang hadir secara fisik tidak lebih dari 40 orang.

Peserta sidang yang hadir secara fisik juga akan menerapkan social distancing yang ketat, dan diatur jarak yang satu dengan yang lainnya sekitar 2 meter. Nanti pun peserta yang hadir akan dihitung berdasarkan kehadiran fisik yang mewakili fraksi-fraksi, alat kelengkapan dewan, dan juga yang hadir secara virtual.

Dalam kondisi darurat seperti sekarang ini, tentunya DPR tidak bisa memaknai tata tertib rapat paripurna ini seperti dalam keadaan normal. Disisi lain DPR harus memulai masa sidang, karena jika ada hal-hal yang diperlukan oleh pemerintah dan memerlukan persetujuan DPR, DPR tersebut harus dalam keadaan masa sidang.

Rapat melalui virtual tersebut artinya DPR membuat terobosan baru, yang nantinya berdasarkan pengalaman tersebut DPR akan mengubah beberapa UU, seperti mencakup kehadirian fisik bisa lewat teknologi informasi.

Sebelumnya pada minggu (29/03/20) disekitar Gedung Nusantara I sudah disemprot cairan disinfektan.(Dwi)

Related posts