Produk Halal Punya Potensi yang Kuat di Pasar Indonesia

Penulis: Aflaha Rizal Bahtiar | Editor: Lina F | Foto: Aflaha Rizal Bahtiar

Jakarta, GPriority.co.id— Besarnya jumlah konsumen di Indonesia, yang mayoritas beragama muslim, memiliki potensi yang kuat terhadap produk-produk halal yang terjual di pasaran.

Hal itu diungkap oleh Rachmat Surtanas Marpaung, Ketua KPMI pada saat hadir di acara ISEF & HEI 2023 di Hotel St. Regis, Jakarta, Selasa (25/9).

“Potensi produk halal sangat besar, terutama pada produk makanan dan minuman halal,” ungkapnya.

Selain itu, potensi besar terhadap produk halal lainnya, juga merujuk pada bahan baku halal. Menurutnya, ini juga dinilai sangat potensial di pasaran.

“Itu sangat potensial di Indonesia yang bisa mengembangkan kemampuan dalam produksi yang standar yang diminta oleh pasar,” lanjut Rachmat.

“Kemudian pakaian muslim juga banyak diminati. produsen-produsen pakaian muslim harus mampu melihat potensi pasar,” ungkapnya.

Destinasi halal pariwisata juga punya potensial kuat. Ia menyebutkan, perlu dikembangkan agar peluang besar dapat berdampak positif bagi perekonomian di Indonesia.

Selain makanan dan minuman, pakaian muslim, dan pakaian muslim, potensi lainnya juga merujuk pada startup halal, di mana ini dapat menunjang industri yang baik ke depan.

“Startup yang menunjang industri halal juga bertumbuh dengan baik di pasaran,” ungkapnya lebih lanjut.