Promosikan Peluang Investasi Kaltara

Tanjung Selor, GPriority.co.id – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalimantan Utara melalui Penata Kelola, Ahli Muda, Rahman Putrayani turut hadir mendampingi Gubernur, Dr (H.C.) H Zainal A Paliwang, M Hum dalam kunjungan kerja di Helsinki beberapa waktu lalu.

Rahman sapaan akrabnya, mengatakan bahwa Kaltara memiliki begitu banyak peluang investasi yang bisa ditawarkan ke para calon investor, salah satunya di Finlandia. Diantaranya terkait pengelolaan sumber daya alam, pembangunan smart city dan green energy.

Saat ini, Finlandia cukup konsern pada sektor-sektor tersebut. Hal ini tentu harus kita tangkap dan kita tawarkan ke mereka untuk ke Kaltara. Contoh untuk energy hijau kita juga memiliki peluang pengembangan pembangkit listrik tenaga biomass (PLTBm), peluang ini sangat besar di Kaltara, ucapnya.

Selain itu, juga untuk pembangunan smart city. Saat ini mereka sudah mau masuk untuk pengembangan smart city di IKN, nanti bisa kita ajak untuk ke kota kota di Kaltara, seperti Tarakan atau Tanjung Selor nantinya.

Bapak Gubernur juga menawarkan sejumlah investment project ready to offer (IPRO) yang sudah kita susun. Dimana sebagian besar terkait pembangunan infrastruktur, sektor pertanian dan perikanan untuk program hilirisasi, ungkap Rahman.

Sejauh yang kita lihat Finland sangat baik dalam pengelolaan infrastruktur, hilirisasi dan layanan publiknya. Ini juga menjadi catatan dan pembelajaran kita selama berkunjung disana. Sebagai daerah baru yang sedang tumbuh kita patut belajar dan mencoba mengaplikasikan ke daerah kita.

Sementara itu, kami terus mempromosikan Kaltara di kancah nasional dan internasional, harapannya agar Kaltara mampu menjadi daerah yang maju dan sejahtera seperti visi misi bapak Gubernur, pungkasnya.

Penulis : RPutrayani