Ritual Botorono, Ungkapan Syukur Petani Tembakau di Temanggung

Sebagai ungkapan rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Sang Maha Kuasa, para petani tembakau menggelar sedekah bumi Ritual Botorono, pada Jumat Legi Robiulawal atau Maulud dalam penanggalan Jawa.

Sedekah bumi yang diadakan di Puncak Gunung Botorono, Desa Petarangan, Kecamatan Kledung, Temanggung ini menjad ritual yang kembali diadakan, setelah sebelumnya pada tahun lalu diliburkan karena pandemi Covid-19.

Ritual tahun ini pun digelar dengan memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah pemaparan Covid-19. Selain itu, warga telah banyak mendapatkan vaksinasi serta angka kasus Covid-19 telah melandai.

Kepala Desa Petarangan Jumarno mengatakan menjadi keharusan bagi petani tembakau untuk sedekah bumi usai panen raya tembakau, warga pun bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Tuhan.

“Kami tetap bersykur meski untuk panen tahun ini kurang begitu baik. Panen kurang begitu berpihak pada petani,”katanya, Jumat (26/11/2021)

Pada kegiatan tersebut warga membawa nasi tumpeng ingkung ayam jantan, aneka makanan tradisional, jajan pasar, dan minuman kopi tubruk, yang merupakan minuman tradisional turun temurun.

Setelah berdoa yang dipimpin pemuka agar setempat, mereka pun mulai makan bersama, dan saling tukar makanan yang dibawa. Suasanya keakraban dan kekeargaan pun terjalin dalam kegiatan ritual tersebut. (Dw.foto.dok.Humas Temanggung).

Related posts