Rumah Kilapan Khas Suku Pasemah

Hampir di setiap daerah pasti memiliki bentuk rumah yang unik khususnya di Sumatera. Pulau terbesar ketiga di Indonesia ini memiliki bentuk rumah adat yang berbeda-beda antara satu provinsi dengan yang lainnya. Selain itu, terdapat juga ciri khas masing-masing rumah adat di Sumatera Selatan seperti memiliki bentuk rumah panggung.

Jika berkunjung ke wilayah pedesaan Sumatera Selatan, Anda bisa menemukan Suku Pasemah. Mereka hidup di daerah pegunungan dan dataran tinggi. Suku ini mempunyai rumah adat yang disebut Rumah Kilapan. 

Rumah kilapan merupakan rumah tradisional adat yang memiliki dinding tanpa terdapat ukiran. Walaupun tidak terdapat ukiran, rumah ini memiliki cara yang khas untuk menghaluskan dinding yaitu dengan menggunakan ketam atau sugu. Rumah ini termasuk rumah berbentuk panggung dengan tinggi mencapai sekitar 1,5 meter. Dengan demikian rumah Kilapan memiliki tangga untuk masuk ke dalamnya.

Berbeda dengan rumah panggung lainnya, tiang-tiang penyangga rumah tidak ditanamkan ke dalam tanah. Tiang-tiang cukup didirikan di atas tanah dan diperkuat dengan baru-baru. Tiang seperti ini disebut tiang duduk. Adapun susunan ruang dari rumah kilapan sama halnya dengan Rumah Tatahan. Ruangan ini terdiri atas ruang depan, sengkar atas, dan ruang bawah.

Ciri dari Rumah Kilapan terlihat dari tidak ditemukannya keberadaan sekat. Kalaupun ada, sekat atau sengkar ini digunakan untuk membatasi antara ruangan dengan alat dapur, peralatan pertanian, serta peralatan pertukangan. Dalam perkembangannya, beberapa rumah kilapan saat ini diberi pembatas ruangan untuk membuat kamar. (VIA)

Related posts