Sepeda Buatan Indonesia Kualitasnya Tidak Kalah dengan Luar Negeri

Jokowi pada Minggu pagi (16/8/2020) membagikan kegiatan bersepedanya melalui akun Instagram @Jokowi. Dalam unggahannya, Jokowi nampak terlihat menggunakan tiga merk sepeda buatan lokal, yakni Kreuz,Polygon dan Element.

Kreuz
Kreuz merupakan merk sepeda lipat yang berasal dari Bandung. Kreuz bukanlah produsen besar, melainkan industri sepeda rumahan yang menjalankan produksinya secara handemade atau buatan tangan. Dalam setiap bulannya, Kreuz menargetkan produksi sebanyak 10 unit hingga 15 unit.

Dikutip dari laman resmi media sosial Kreuz, harga frame set sepeda holding ini berada di kisaran Rp. 3,5 juta, namun jika membelinya secara utuh, Anda diwajibkan untuk merogoh kocek sebesar Rp. 8 juta. Menurut Yudi, Yudiantara sang pemilik, mahalnya harga tersebut dikarenakan desain Kreuz mirip dengan Brompton yang berasal dari Inggris.” Liihat saja mulai dari bahan utama seperti material besi chromoly, komponen besar seperti mainframe,fork,handlepost dan triangle semuanya kami buat menyerupai Brompton. Tak hanya itu, part kecil seperti elastomer, seat clamp,cather,stopper,dan pelindung kabel semuanya dibuat persis seperti Brompton,” ucap Yudi.

Untuk kualitasnya, Yudi mengatakan tidak kalah dengan Brompton yang menjadi pioner sepeda lipat di dunia.” Meski kami buat dengan tangan sendiri, kualitasnya sama dengan Brompton. Ini dikarenakan selama tiga tahun kami mempelajari spesifikasi Brompton dengan sangat detail,” ucap Yudi.

Yudi dalam lama media sosialnya juga mengaku kaget saat dirinya menerima pesanan sepeda dari Presiden Jokowi.” Awalnya aku mengira ini hanya orang iseng saja, tetapi ketika aku diundang ke Istana, baru aku percaya kalau Jokowi yang memesannya,” jelas Yudi.

Usai pulang dari Istana, Yudi pun berdiskusi dengan teman-temannya, dan mereka sepakat untuk menerima pesanan tersebut dan mengantarkannya 3 hari sebelum HUT kemerdekaan RI.

Element Camp Folding Bike Fold Lite Edisi Damn I Love Indonesia
Usai melaksanakan upacara HUT RI ke-75, Presiden Jokowi dalam akun instagram miliknya mengunggah dirinya tengah menaiki sepeda lipat merk lainnya.Merk sepeda lipat yang dimaksud adalah Element Bike berjenis camp folding bike fold lite edisi Damn I LoVe Indonesia yang merupakan produksi dari PT.Roda Maju Bahagia yang berkolaborasi dengan Damn I Love Indonesia.

Sepeda ini memiliki bahan frame dan fork, Alloy 6061, 11 shifter (pengoper gigi) dengan kecepatan di 1 x 11 speed, serta tiang lipatan double lock system. Untuk ban depan dan belakang, PT.Roda Maju Bahagia menyematkannya dengan ban berjenis reflector. Roda Maju Bahagia juga menyematkan double wall untuk bagian velgnya. Untuk rem depan dan belakangnya Roda Maju Bahagia menggunakan tekro hydrolic disk brake. Namun yang membedakannya dengan pesanan Jokowi adalah desain gambarnya.

Polygon
Polygon merupakan pionir sepeda MTB merek lokal yang melakukan ekpansi ke luar negeri. Di pasaran luar negeri, Polygon menjadi sepeda MTB yang paling diminati. Alhasil hingga saat ini Polygon berdasarkan situs resminya telah memiliki 500 outlet di 33 negara.

Keberhasilan MTB menembus pasaran internasional membuat Presiden Jokowi tertarik untuk memesannya. Namun sayangnya baik pihak Polygon maupun istana tidak melansir type polygon MTB apa yang dipesan oleh Jokowi.

Meski demikian para goweser (sebutan bagi pengendara sepeda) memprediksi harga sepeda gunung yang digunakan Jokowi harganya mencapai puluhan juta rupiah. Dengan kecepatan di atas 1 x 9 speed dan memiliki frame carbon ACX yang ringan dan kuat dengan performa maksimal. (Hs.Foto.dok.IG @Jokowi)

Related posts