SMK Jurusan Animasi Bertaraf Internasional Bukan di Jakarta Tapi di Kudus

Jakarta, GPriority.co.id – Jika selama ini sekolah-sekolah bertaraf internasional selalu identik dengan kota besar seperti Jakarta, sekolah elit yang satu ini ada di Kota Kudus.

Lebih mengesankan karena sekolah menengah kejuruan dikenal menghasilkan film animasi 3 dimensi dengan kualitas dunia. Film animasi 3D di sekolah ini bahkan sampai masuk nominasi di berbagai festival film internasional.

Adalah SMK Raden Umar Said yang terletak di Kudus, Jawa Tengah. SMK Raden Umar Said Kudus merupakan sekolah animasi pertama di Indonesia dan telah berstandar internasional.

Di tahun 2017, SMK Raden Umar Said berhasil meluncurkan karya perdana mereka berupa film animasi 3D, berjudul “Pasoa dan Sang Pemberani.”

Karya yang mengedepankan kearifan lokal tentang penumbuhan pendidikan karakter dengan tema cinta lingkungan itu berhasil mendapat respon positif dari masyarakat dan mengangkat nama sekolah, sehingga pesanan untuk produksi film dan iklan animasi pun mulai berdatangan dari berbagai perusahan baik dalam atau luar negeri.

Keberhasilan SMK Raden Umar Said dalam melahirkan siswa-siwa berbakat dan karya-karya kelas dunia tidak terlepas dari kerjasama para pengajar dan siswa di sekolah.

Diketahui, Djarum Foundation Bakti Pendidikan sebagai mitra pembina SMK mendukung langkah sekolah ini, dengan memenuhi kebutuhan tenaga ahli di bidang animasi dan sejumlah fasilitas kelas dunia.

Di tahun pertamanya, sekolah ini memiliki 26 murid yang mendapat pengajaran dari pakar animasi berpengalaman dari dalam dan luar negeri. Tak tanggung-tanggung SMK RUS menggaet Woody Woodman yang berpengalaman di Walt Disney Animation Studio. Ia jug sosok yang ikut membuat animasi Mulan (1998), Tarzan (1999), dan Brother Bear (2003).

SMK Raden Umar Said juga salah satu sekolah yang telah menerapkan konsep dan sistem pendidikan “Merdeka Belajar”, yakni siswa, guru, dan komunitas pendukungnya diberi kebebasan dalam merancang kurikulum pembelajaran secara mandiri sesuai dengan minat dan kebutuhan dunia industri.

Kreatifitas para siswa juga didukung dengan fasilitas belajar yang lengkap serta desain interior unik yang sangat berbeda dari sekolah pada umumnya, namun mampu memberi kenyamanan belajar kepada para siswa.

Ruang kelas hingga ruang parktik didesain dengan sangat mewah dan nyaman, sehingga lebih mirip lobi hotel dibanding sebuah kelas. Ruang kelas juga ditata dengan berbaga tema, seperti game, animasi, hingga fotografi.

Selain dari segi desain, SMK RUS memiliki fasilitas lengkap dan canggih, mulai dari drawing studio untuk menggambar story board dalam komputer, production studio untuk menggerakkan karakter animasi. Kemudian visual effect studio yang biasa dipakai membuat animasi terlihat lebih nyata. Hingga color grading studio untuk pewarnaan lanjutan animasi yang dibuat.

SMK RUS diketahui memiliki perangkat komputer berspesifikasi tinggi. Ada pula peralatan seperti tablet grafis, hingga printer 3D untuk keperluan pembuatan animasi.

Infrastruktur yang dikembangkan dalam proses pembelajaran berguna untuk memfasilitasi pengembangan karakter student centered dan active learning. Kedua hal ini dianggap mampu membawa siswa sebagai fokus utama pembelajaran, di mana guru tidak lagi menjadi satu-satunya pusat pengetahuan dan perhatian di kelas. 

Pada 2020 lalu, SMK RUS kembali membuat film animasi pendek “Unstring Your Heart”. Berlatar Kota Semarang tahun 1930, film ini dinominasikan sebagai finalis untuk HelloFest 13, The 20th Kansas International Film Festival, Canberra Short Film Festival, dan Pune Short Film Festival.(Van)

Related posts