Tirah Satriani Bahar Digitalisasi Bantu Kehidupan

Bagi Anda yang mengikuti trend fashion pasti mengenal sosok yang satu ini. Beliau adalah Hj Tirah Satriani Bahar, SE. MM, istri dari Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim)Kasmidi Bulang.

Sebagai seorang istri wakil bupati, Tirah begitu ia disapa bersama Hj. Siti Robiah bahu membahu memajukan UMKM di Kutai Timur. Hasilnya beberapa UMKM Kutim seperti batik paku dan batik wakaroros go internasional.

Tak hanya sampai disitu, Tirah Satriani Bahar yang ditemui usai gelaran fashion show Kutim di JCC, Rabu (13/4/2022) juga terus berupaya memperkenalkan kerajinan Kutai Timur ke dunia nasional, salah satunya dengan kembali mengikut ajang Indonesia Fashion Week (IFW) 2022 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada 13 hingga 17 April 2022.

Dalam ajang tersebut, Tirah yang kembali menggandeng desainer Lia Afif memperkenalkan koleksi batik dengan pewarnaan alam menggunakan serbuk kayu Ulin.

Berbicara mengenai peran wanita di era disrupsi digital, Tirah mengatakan digital sangat membantu sekali dalam kehidupan. ” Karena segala sesuatu yang tidak saya ketahui belajarnya dari digital, Ambil contoh motif batik yang tampil di IFW 2022 merupakan desain karya saya. Ide tersebut keluar setelah melakukan pencarian di dunia maya,” jelasnya.

” Melalui digitalisasi saya bisa belajar banyak hal, salah satunya dalam membuat desain. Disini saya tidak lagi harus mencontoh tapi harus membuat,’ jelasnya.

Di akhir perbincangan, Tirah mengatakan akan memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM wanita di Kutai Timur agar melek digital, sehingga produk mereka laku keras, karena dipromosikan melalui digital.(Hs.Foto.Hs)

Profil ;
Nama : Hj. Tirah Satriani Bahar, SE.MM
Tanggal lahir : 25 Agustus 1976
Profesi:
-Sekretaris Dinas Pariwisata Kutai Timur.
– Ketua PBVSI Kutim
-Bidang Promosi Dekranasda Kutim
Perguruan Tinggi :
-Jurusan Contabilidad di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP Makassar S1
-Jurusan Magester Manajemen di Universitas Mulawarman S2