Uni Emirat Arab Bantu Kirimkan 20 Ton Peralatan Medis untuk Membantu Indonesia Menangani Penyebaran Wabah Pandemi Covid 19

Jakarta,gpriority-Negara-negara di dunia bahu-membahu, saling membantu satu sama lain dalam mengatasi pandemi global virus Corona.

China, Amerika, Iran dan kini Uni Emirat Arab mengirimkan 20 ton peralatan medis untuk membantu Indonesia mengatasi penyebaran virus Covid 19.

Kata Duta Besar UEA untuk Indonesia, Abdulla Salem Al-Dhaher, puluhan ton alat medis itu telah dikirimkan menggunakan pesawat dari Abu Dhabi dan tiba di Jakarta pada Selasa, 28/4/2020 pagi.

“Bantuan ini mencerminkan dedikasi UEA sebagai anggota aktif komunitas internasional dalam membantu memerangi pandemi ini. Bantuan hari ini merupakan yang paling besar jika dibandingkan dengan bantuan UEA yang telah diberikan ke negara lain,” ujar Al-Dhaher dalam jumpa pers virtual serah terima bantuan di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Berdasarkan data Kedubes UEA di Jakarta, negara tersebut telah mengirimkan lebih dari 314 ton bantuan ke 27 negara. Selain itu, UEA juga telah mendukung lebih dari 314 ribu tenaga medis di berbagai negara.

“Meskipun semua negara sedang menghadapi kondisi sulit, kami tetap berkomitmen untuk memberikan bantuan kepada sesama. UEA dan Indonesia memiliki hubungan yang erat. Kami berharap bahwa kita dapat bersama mencegah penyebaran virus tersebut,” kata Al-Dhaher.

Sementara itu, dalam jumpa pers yang sama, Sekretaris Utama BNPB Harmensyah, mengatakan puluhan ton bantuan peralatan medis itu terdiri dari 100 ribu APD, 500 ribu sarung tangan, 50 ribu masker medis, 30 ribu sepatu APD, dan 20 ribu hand sanitizer atau pembersih tangan.

Harmensyah menyebut bantuan-bantuan medis itu akan segera didistribusikan meski tak merinci rencana penyalurannya.#(L)

Related posts