Waketum Apindo: Taiwan Expo 2024 Fasilitasi Kerjasama Dagang yang Lebih Kuat

Jakarta, GPriority.co.id – Wakil Ketua Umum (Waketum) Apindo, Franky Sibarani, memberikan pandangan yang mendalam mengenai pentingnya Taiwan sebagai pasar dagang utama bagi Indonesia dan ASEAN dalam Taiwan Expo 2024 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC).

“Karenanya kita terus membangun jembatan kerjasama dengan Taiwan,” kata Franky di JCC Jakarta, Kamis (16/5).

Franky menjelaskan bahwa Taiwan adalah mitra strategis dalam perdagangan dan teknologi, terutama di bidang energi hijau dan teknologi lingkungan. Franky menyoroti pentingnya kolaborasi dalam mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, yang sejalan dengan inisiatif Industri 4.0 yang didorong oleh pemerintah Indonesia.

Franky juga menekankan bahwa kegiatan seperti business matching secara one-on-one yang diselenggarakan selama Taiwan Expo 2024 sangat penting. Acara ini memungkinkan perusahaan-perusahaan dari Kota Taipei untuk terlibat langsung dengan calon pembeli lokal, sehingga memfasilitasi ekspansi mereka ke pasar Indonesia.

Dengan demikian, diharapkan kerjasama ekonomi antara kedua negara dapat semakin erat dan memberikan manfaat yang signifikan bagi kedua belah pihak.

Selain itu, Franky mencatat bahwa bonus demografi yang signifikan dan kelas menengah yang berkembang pesat di Indonesia menawarkan peluang baru bagi bisnis Taiwan. Ia optimis bahwa hubungan dagang yang kuat dengan Taiwan akan terus berkembang dan membawa kemakmuran bagi kedua negara, terutama melalui kolaborasi dalam proyek-proyek teknologi dan keberlanjutan.

Taiwan Expo 2024 di Indonesia berlangsung mulai Kamis (16/5) hingga Sabtu (18/5) di Jakarta Convention Center (JCC). Acara ini menggandeng sejumlah perusahaan terkemuka di Taipei untuk memperluas jangkauan pasar mereka di ASEAN.

Foto: GPriority