Yuk, Kenali Manfaat Cagar Alam Hutan Mangrove Teluk Bintuni

Penulis: Aflaha Rizal Bahtiar | Editor: Lina F | Foto: Wisato.id

Jakarta, GPriority.co.id— Cagar alam menjadi salah satu tempat tumbuhnya ribuan pohon mangrove, salah satunya di kawasan Teluk Bintuni yang memiliki banyak manfaatnya.

Hutan mangrove di Teluk Bintuni, yang dikenal sebagai hutan raksasa merupakan salah satu penghasil serasah. Di mana serasah menjadi hal penting dalam kehidupan hutan mangrove pada proses jejaring makanan.

Selain itu, juga disebut zat organik yang bisa digunakan sebagai nutrisi tinggi dalam proses fotosintesis. Selain itu, hutan mangrove juga menghasilkan serasah dar berbagai hal, seperti daun, ranting pohon, dan pohon yang mati karena suksesi.

Cagar alam tersebut juga bermanfaat dalam pencegahan abrasi pantai, di mana peran yang dimiliki oleh hutan mangrove tersebut dapat mencegah gelombang laut agar tidak mengantam pesisir pantai.

Selain itu, hutan mangrove di Teluk Bintuni juga menjadi habitat hewan atau satwa-satwa liar yang hidup serta mencari sumber makanan di hutan tersebut.

Habitat hewan yang hidup didominasi oleh berbagai burung, antara lain Burung Kakak Tua Jambul Kuning, Elang Bondol, juga Dara Laut.

Tak hanya unggas, hewan reptil juga hidup di kawasan tersebut, salah satunya buaya muara, kadal, dan ular bakau.

Sisi lain, kawasan ini juga menjadi tujuan utama dari paras hewan-hewan yang bermigrasi. Sebagaimana yang dilansir dari wisato.id, pendapat warga setempat ada beberapa hewan yang datang ke hutan mangrove.

Beberapa hewan yang datang antara lain burung Pelikan, burung Umikia Raja, dan lain-lainnya.