2 Hari Lagi Ditutup! Pendaftaran SMA Terpadu Krida Nusantara Tembus Seribu Peserta Didik

Jakarta, GPriority.co.id – SMA Terpadu Krida Nusatara kembali membuka pandaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025.

Pendaftaran SMA unggulan ini telah dibuka sejak 13 Oktober 2023 hingga 13 Januari 2024 secara online atau dua hari lagi akan ditutup.

Sejak dibuka dua bulan lalu, SMA ini telah menapung sebanyak 1000 lebih peserta didik. Dalam pantauan GPriority melalui laman https://ppdb.kridanusantara.com/ pada hari ini, Kamis (11/1) pukul 14.20 WIB sebanyak 1120 pendaftar online telah mendaftar dengan jumlah peserta 739 yang terdiri dari 574 laki-laki dan 165 perempuan.

Adapun pendaftaran masih dibuka hingga, Sabtu 13 Januari 2024 pukul 23.59.00. Selain itu, dikutip laman resminya SMA Terpadu Krida Nusatara juga mengimbau Kepada calon siswa yang sudah mendaftar online untuk segera mengirimkan berkas persyaratan pendaftarannya yang sudah lengkap ke Panitia PPDB paling lambat hari Kamis tanggal 18 Januari 2024 pukul 15.00 WIB.

Berikut syarat pendaftaran SMA Terpadu Krida Nusatara.

Persyaratan Umum

  1. Merupakan peserta didik yang akan lulus SMP atau sederajat pada tahun pelajaran 2023/2024.
  2. Tidak pernah tidak naik kelas.
  3. Berbadan sehat dan tidak cacat tubuh (boleh berkacamata).
  4. Bersedia tinggal di asrama.
  5. Lulus seleksi nilai raport (Pengetahuan) sebagai berikut : Mata Pelajaran : Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia Bahasa Inggris minimal 70 dengan nilai rata-rata disetiap semester (Semester 1 s/d 4) minimal 80.
  6. Lulus Tes Akademik, Psikotes, Tes Kesehatan, Tes Wawancara, dan Tes Kesegaran Jasmani (lari, sit-up, push-up).
  7. Khusus bagi calon peserta didik yang berasal dari SMP dengan latar belakang International School yang lulus tes, agar menyerahkan ijazah yang telah dilegalisasi olch Diknas.
  8. Calon peserta didik yang berasal dari sekolah di luar negeri, International School dan Homeschooling harus melampirkan Surat Pengantar dari Direktorat Pembinaan SMP Ditjen Dikdasmen Tahun 2023.
  9. Tidak menerima peserta didik pindahan dan lulusan tahun sebelumnya.

Prosedur Pendaftaran

  1. Pendaftaran dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2023 s/d 13 Januari 2024 (tidak menerima pendaftaran setelah batas waktu yang ditentukan).
  2. Mengisi formulir registrasi (Form-A) secara online di www.kridanusantara.com dan setelah selesai langsung segera diprint. (Saat pengisian formulir menggunakan perangkat Komputer/Laptop.yang sudah terhubung langsung dengan printer)
  3. Setelah melakukan registrasi, lengkapi persyaratan administrasi sebagai berikut
    Printout (cetakan) formulir registrasi online yang sudah terisi data lengkap dan tercantum nomor registrasi.

a. (Formulir registrasi online dicetak/diprint pada kertas F4 atau Folio)
b. Mengisi Instrumen Survei calon peserta didik (diprint bersamaan saat melakukan registrasi online)
c. Fotokopi Rapor semester I s/d semester 4 yang dilegalisasi sekolah (legalisasi asli di setiap lembarnya).
d. Fotokopi Akte Kelahiran.
e. Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) asli dari SMP/sekolah asal.
f. Fotokopi kartu NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) atau printout data hasil pencarian NISN dari website https://nisn.data.kemdikbud.go.id_(ika tidak memiliki NISN segera diselesaikan olch sekolah asal dan orang tua siswa)
g. Pas Foto berwarna terbaru ukuran 3×4 dan 4×6 masing-masing sebanyak 2 lembar (pakaian sekolah berlatar belakang warna biru)
h. Lampirkan (bila ada) fotokopi sertifikat prestasi atau piagam penghargaan.
i. Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
j. Fotokopi E-KTP kedua orang tua.
k. Persyaratan khusus orang tua, bagi yang berprofesi
1) TNI/Polri, melampirkan Fotokopi KTA dan keterangan penghasilan/slip gaji.
2) PNS/ASN, melampirkan Fotokopi SK Golongan Terakhir dan keterangan penghasilan/slip gaji.
3) Karyawan swasta dan BUMN, melampirkan Keterangan Kerja Perusahaan dan penghasilan/slip gaji.
4) Wiraswasta/wirausaha, melampirkan surat keterangan penghasilan di atas materai, fotokopi bukti usaha (SIUP, NPWP perusahaan dan rekening koran 3 (tiga) bulan terakhir)

  1. Kelengkapan persyaratan tersebut dimasukkan ke dalam amplop tertutup berwarna coklat dan dikirimkan via paket ke alamat Kampus Krida Nusantara dibawah ini :

Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru
SMA Terpadu Krida Nusantara, Tahun Pelajaran 2024/2025
Jl. Desa Cipadung Cibiru Bandung 40615
Jawa Barat

  1. Berkas pendaftaran calon peserta didik sudah harus diterima oleh panitia PPDB paling lambat 5 (lima) hari kerja setelah Registrasi Formulir Online (cap pos maksimal tgl 12 Januari 2024).

Prosedur Pelaksanaan Tes Seleksi

a. Berkas pendaftaran calon peserta didik yang diterima akan diverifikasi dan divalidasi oleh Panitia PPDB mulai tanggal 15 s.d 20 Januari 2024.

b. Calon peserta didik yang berkasnya telah diverifikasi dan divalidasi serta dinyatakan lolos, akan mendapat Nomor Tes (dapat dilihat dan di-update di website resmi : www.kridanusantara.com sctiap hari)

c. Calon peserta didik mengikuti tes Akademik, Psikotes, Tes Keschatan, Tes Wawancara, dan Tes Kesegaran Jasmani yang akan dilaksanakan tanggal 31 Januari dan 1,2,3 Februari 2024.

d. Pengumuman kelulusan tanggal 16 Maret 2024

Persyaratan Tambahan Bagi Pendaftar Beasiswa/ Subsidi

  1. Memiliki nilai setiap mata pelajaran minimal agregat 15 dari nilai raport dan KKM tiap semester.
  2. Mengisi formulir pendaftaran beasiswa (Form-B) pada saat registrasi online.
  3. Orang tua peserta didik wajib mengajukan Surat Permohonan Beasiswa/ Subsidi yang disertai alasan pengajuan dan diketahui oleh RT/RW setempat (Surat Keterangan Tidak Mampu).
  4. Menyerahkan daftar penghasilan orang tua saat ini (struk gaji dan stempel asli).
  5. Mendapatkan Prestasi Olympiade Sains Tingkat Propinsi, dibuktikan dengan memperlihatkan Sertifikat Prestasi Asli dan menyerahkan fotokopinya yang dilegalisasi oleh sekolah.
  6. Lulus Tes Seleksi Masuk SMA Terpadu Krida Nusantara
  7. Beasiswa berlaku selama siswa tersebut berprestasi secara akademik.

E. Biaya Tes Seleksi sebesar Rp. 3.145.000,- ditransfer ke Rekening BRI 0354-01-001-034-304 a.n Yayasan Krida Nusantara dan Bukti Transfer aslinya dimasukan ke dalam amplop pada saat pengiriman berkas.

F. Kepada orang tua perserta didik yang akan mendaftarkan putra/putrinya ke SMA Terpadu Krida Nusantara, disampaikan dengan hormat sebagai berikut :

  1. Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) diadakan secara fair dengan melihat hasil kemampuan peserta yang bersangkutan.
  2. Apabila ada pihak-pihak yang mengatasnamakan siapapun (Dari Krida Nusantara atau luar Krida Nusantara) yang menjanjikan dan membantu kelulusan peserta tes dengan meminta imbalan, agar tidak dilayani.
  3. Apabila ada oknum seperti di atas, agar segera melaporkan disertai bukti-bukti autentik yang dapat dipertanggungjawabkan.

G. Apabila terjadi perubahan ketentuan dari Pemerintah (siswa masuk sekolah/tatap muka) maka akan dilakukan perubahan kemudian.

Foto: SMA Terpadu Krida Nusatara