3 Tips Menyimpan Daging Hewan Kurban di Kulkas Agar Lebih Awet dan Tidak Bau Amis

Jakarta, GPriority.co.id – Setelah menyaksikan pemotongan hewan kurban, masih banyak umat Islam yang bertanya-tanya mengenai cara menyimpan daging hewan kurbannya agar lebih awet dan tidak menimbulkan bau amis yang menyengat di rumah.

Karena, menyimpan daging hewan kurban di kulkas dengan cara yang salah, dapat menjadikan kulkas anda menjadi bau amis hingga bisa menyengat sampai berhari-hari di dalam rumah anda.

Berikut ini beberapa tips menyimpan daging hewan kurban di kulkas.

1. Agar lebih awet, simpan di bagian freezer kulkas

Berdasarkan penuturan dari Dokter hewan lulusan Universitas Syiah Kuala Benny Andista, yang dilansir dari laman Pikiran Rakyat, ternyata terdapat perbedaan ketahanan waktu untuk daging yang disimpan di chiller dan freezer kulkas. Menurutnya, daging sapi mentah yang disimpan dalam chiller bisa bertahan hingga 3-5 hari. Sementara jika dalam freezer, dapat bertahan selama 4-6 bulan.

Sedangkan untuk daging kambing mentah yang disimpan dalam chiller bisa bertahan selama 3-5 hari, dan jika disimpan di freezer bisa bertahan sampai 6-9 bulan.

2. Bersihkan daging kurban dulu sebelum dimasukkan ke dalam freezer kulkas

Sebelum memasukkan daging kurban ke dalam freezer kulkas, terlebih dahulu bersihkan daging kurban. Tidak perlu dicuci, namun pastikan daging bersih dari kotoran apapun. Karena, mencuci daging dengan air sebelum menyimpannya justru akan menimbulkan bakteri baru yang dibawa air. Jadi, bersihkan daging tanpa air, lalu pisahkan daging yang akan dimasak dan yang akan disimpan dalam lemari pendingin.

3. Kemas daging kurban ke dalam wadah yang bersih dan tutup rapat

Setelah memastikan daging kurban sudah terbebas dari kotoran, maka langkah selanjutnya yaitu mengemas daging ke dalam wadah yang bersih dan dapat ditutup rapat, demi mencegah kelembapan berlebih pada daging dan kontaminasi dari bakteri yang membahayakan. Setelah dikemas dalam wadah tertutup, tempatkan daging ke dalam chiller (lemari pendingin khusus) terlebih dahulu selama kurang lebih 2-4 jam, lalu pindahkan ke dalam freezer.

Foto : Ilustrasi / Freepik