4.164 Siswa Berprestasi, Pemkot Tarakan Berikan Beasiswa

Tarakan, Gpriority – Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan memberikan beasiswa berprestasi kepada siswa/i Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri maupun swasta se-Kota Tarakan.

Beasiswa prestasi diberikan kepada siswa yang mendapatkan ranking 1, 2 dan 3. Penyerahan beasiswa secara simbolis diberikan langsung oleh Wali Kota Tarakan, dr. Khairul, M.Kes di ruang auditorium SMP Negeri 1 Tarakan, Senin (3/8/2020).

“Sudah dua kali kita berikan dan tahun ini merupakan yang ketiga kalinya. Kita memberikan beasiswa sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada anak-anak kita yang berprestasi juara 1, 2 dan 3 setiap kelas dan setiap tahun,” kata Khairul.

Tahun ini beasiswa berprestasi diberikan tidak hanya untuk sekolah-sekolah di bawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tarakan, tetapi ditambah sekolah di bawah Kementerian Agama serta sekolah swasta, seperti Madrasah dan Pondok Pesantren.

“Totalnya ada 4.164 siswa yang kita berikan beasiswa untuk juara 1, 2 dan 3. Harapan kita, walaupun nilainya tidak terlalu besar tetapi dapat memberikan motivasi kepada anak-anak kita untuk terus giat dalam belajar karena mereka merasa dihargai melalui beasiswa prestasi yang sudah kita berikan,” tambah Khairul.

Besaran beasiswa prestasi yang diberikan berbeda antara juara 1, 2, 3 dan masing-masing kelas. Misalnya juara 1 kelas 1 SD sebesar Rp. 300.000,- sedangkan juara 1 kelas 2 SD sebesar Rp 325.000,-.

Beasiswa prestasi diberikan kepada seluruh siswa SD kelas 1 sampai kelas 6 dan siswa SMP kelas 7 sampai kelas 9.

Total anggaran yang disiapkan untuk beasiswa prestasi sekolah, khususnya sekolah negeri sebesar Rp. 1,8 milliar.

“Keberhasilan pendidikan, sangat bergantung juga pada dukungan keluarga. Perolehan prestasi ini tidak lepas dari peran besar orangtua,” tutup Khairul. #(FBI)

Related posts