Kecewa Dengan Hasil Kuota CPNS Formasi 2018, Gubernur Bersama Para Kepala Daerah se-Papua Barat Sambangi Menpan-RB


Jakarta,Gpriority-Usai memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) bersama dengan kepala daerah se-Papua Barat pada Senin Sore (3/8/2020), Gubernur Papua Barat Drs.Dominggus Mandacan mengatakan, akan berangkat ke Jakarta pada Rabu (5/8/2020).

Kedatangan Mandacan ke Jakarta tidak sendirian melainkan bersama para kepala daerah se-Papua Barat. Menurut Mandacan, kehadiran mereka di Jakarta untuk bertemu dengan Menpan-RB Tjahjo Kumolo pada Kamis (6/8/2020).

“ Kami akan meminta kepada Menpan RB agar kuota orang asli Papua sebesar 80 persen harus terpenuhi,” ucap Mandacan.

Dijelaskan oleh Mandacan, saat diumumkan hasil resmi tes CPNS formasi 2018, hanya ada 83 orang asli Papua yang lulus sedangkan yang non Papua banyak yang lulus.” Ini menjadi kebalikan dan tidak sesuai dengan amanat otsus sehingga menimbulkan demonstrasi di Manokwari. Alasan itulah yang melatarbelakangi para kepala daerah termasuk saya untuk mendatangi Menpan RB, guna meminta hak tersebut,” ucap Mandacan.

Mandacan juga meminta agar para bupati dan walikota yang hadir bisa menjelaskan kondisi ril yang terjadi di Papua Barat terkait kuota CPNS orang asli Papua Barat.” Untuk itulah saya meminta kepada para kepala daerah agar tidak diwakili. Puji Tuhan mereka mengerti dan siap bersama saya memperjuangkan aspirasi ini,” tegas Mandacan.

Plh Bupati Manokwari,Edi Budoyo pun mengiyakan pendapat Mandacan. Dirinya bersama kepala daerah se-Papua Barat berjanji bahwa aspirasi masyarakat Manokwari dan Papua Barat akan terus mereka perjuangkan, sehingga kuota 80 persen orang asli Papua bisa terpenuhi.(Haris)

Related posts