Aceh Culinary Festival 2022, Surganya Para Food Traveler

Jakarta,GPriority.co.id – Aceh Culinary Festival (ACF) 2022 masuk dalam top 10 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Dinas Pariwisata (Dinpar) Provinsi Aceh.

Kepala Bidang Sejarah dan Nilai Budaya Dinpar Provinsi Aceh, Evi Mayasari, mengatakan bahwa ACF 2022 akan diselenggarakan pada bulan Agustus dan saat ini persiapannya telah selesai pada tahap produksi dan rekrutmen peserta.

“ACF tahun ini akan diselenggarakan pada bulan Agustus. Tahun lalu, ACF diselenggarakan secara online melalui aplikasi, tetapi tahun ini persiapan telah dilakukan untuk penyelenggaraan ACF secara offline dengan peserta dari Aceh dan luar Aceh.” Kata Evi Mayasari yang dikutip dari laman resmi Kemenparekraf.

ACF akan kembali berfokus pada konsep awal, yaitu mengumpulkan seluruh makanan khas Aceh dari 23 kabupaten/kota dengan tujuan agar dapat dinikmati oleh para food traveler atau pecinta makanan tradisional dalam satu lokasi pada saat yang bersamaan.

Selain itu, ACF 2022 diharapkan mampu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat Indonesia khususnya Aceh dalam pelestarian adat istiadat seperti kuliner, budaya, serta tradisi lokal lainnya.

“Fokusnya memang kepada kelestarian kuliner khas nusantara. Kami berkomitmen untuk membangun brand dari event ACF karena menurut kami citarasa adalah kekayaan nusantara yang bisa hilang jika para penikmat sudah tidak ada lagi,” tambah Evi.

Para peserta yang berkontribusi pada ACF adalah para pelaku industri mikro sampai dengan menengah serta asosiasi dan pegiat kuliner berskala lokal, nasional, dan internasional. Hal ini sesuai dengan tujuan dari ACF yaitu untuk dapat mempromosikan Aceh sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia.

ACF 2022 juga menyediakan paket wisata bagi masyarakat luar Aceh yang ingin merasakan sensasi pengalaman kuliner yang lebih lengkap. Dinpar Aceh bekerja sama dengan beberapa tour operator untuk mengadakan paket wisata kuliner ke berbagai kabupaten/kota yang ada di Aceh. (Hn.Kemenparekraf)

Related posts