Ada Wayang di Jogja Night Carnival 2022

Jakarta,GPriority.co.id – Jogja Night Carnival (JNC) 2022 akan kembali diselenggarakan pada tanggal 7 Oktober 2022. Jogja Night Carnival merupakan event tahunan terbesar yang dimiliki oleh Kota Yogyakarta untuk memperingati Hari jadi Kota Yogyakarta.

Sebagai event tahunan terbesar yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat, Pemprov Kota Yogyakarta melalui Dinas Pariwsata (Dinpar) Yogyakarta terus melakukan inovasi baik dalam konsep maupun kemasan acara. Mereka berharap, event ini nantinya tidak hanya sebagai tontonan namun juga sebagai sarana edukasi karena menghadirkan kisah pewayangan juga di dalamnya.

Hadirnya pewangan, membuat Jogja Night Carnavil berubah menjadi Wayang Jogja Night Carnival (WJNC )2022. Dan WJNC digelar bertepatan dengan HUT ke-266 Kota Yogyakarta, maka setidaknya ada lebih dari 10 kecamatan di Yogyakarta yang ikut berpartisipasi untuk memeriahkan acara ini. Nantinya, sepanjang Jl.Sudirman hingga Jl.Mangkubumi pada malam hari akan ditutup demi menyukseskan acara ini.

Tahun lalu, penyelenggara WJNC yang didukung langsung oleh Menparekraf Sandiaga Uno, membuat konsep berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Jika biasanya peserta karnaval yang bergerak, maka tahun lalu justru penonton atau tamu undangan yang akan “berpawai” menyaksikan WJNC.

Seluruh penampil dari 14 kecamatan sebagai perwakilan akan tampil di empat panggung berbeda. Pertama Indrapasta (bercerita tentang ksatria-romansa), lalu bergerak ke Pancawati (bercerita tentang kerajaan kera-tragedi), beralih ke Astina (bercerita tentang kerajaan jin-komedi) dan terakhir di Khayangan (bercerita tentang para dewa-romansa).

Untuk tahun ini, setelah ‘bebas’ dari pandemi COVID-19, WJNC 2022 diharap bisa menjadi momentum kebangkitan kita semua untuk memulihkan kembali pariwisata dan perekonomian khususnya masyarakat kota Yogyakarta.(Hn.)

Related posts