Anies : 400 Jumlah Pasien Positif Corona Yang Meninggal

Jakarta,Gpriority-Terkait berapa banyak pasien virus Corona yang meninggal di Jakarta akhirnya diungkap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Hingga Kamis (2/4) Anies menyebut pasien Covid-19 yang meninggal di ibu kota sudah mencapai 400 orang. Jumlah ini berbeda dari data yang disampaikan pemerintah melalui Achmad Yurianto, juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona (covid-19).

Data itu diungkapkan Anies Baswedan saat menyampaikan laporan kepada Wakil Presiden Maruf Amin.

Terkait adanya data yang berbeda antara yang dilaporkan resmi pemerintah dengan kondisi di lapangan, Anies mengatakan, hasil laboratorium korban meninggal karena covid-19 itu muncul belakangan.

Karena itu, mereka yang meninggal dan kemudian dinyatakan positif setelah data keluar, tidak tercatat atau belum tercatat secara resmi dan dilaporkan oleh jubir virus Corona.

Anies Baswedan melanjutkan laporannya kepada Wapres.

Dalam hitungan Anies, jika tingkat kematian atau persentase kematian pasien Corona di Jakarta 10 %, maka jumlah kasus Corona di Jakarta saat ini telah mencapai 4.000 kasus.

“Bila tingkat kematian 10 persen, berarti kasus Corona yang sudah ada itu 4.000 kasus Pak. Bila persentase yang meninggal 5 persen, maka di Jakarta itu ada 8.000 kasus,” ujar Anies Baswedan.

Jadi, kata Anies, jumlah yang dites hasilnya positif, tergantung kecepatan kita melakukan pengujian/testing.

Hal ini karena yang dites sedikit, maka jumlah yang confirm positif Corona jadi sedikit juga. Kalau yang dites jumlahnya banyak, maka angka yang ditemukan bisa lebih tinggi lagi.(Hs)

Related posts