Antisipasi Mudik,Jokowi Berencana Alihkan Hari Libur Idul Fitri 2020

Jakarta,Gpriority-Dalam rapat terbatas terkait arus mudik bersama para menteri yang digelar melalui video teleconference pada Kamis (2/4) di Istana Bogor, Presiden Jokowi mengatakan bahwa dirinya berencana mengalihkan hari libur nasional idul Fitri 2020 ke hari lainnya.

Jokowi juga mengatakan bahwa skenario kedua yang beliau usulkan adalah memberikan fasilitas arus mudik bagi masyarakat pada hari pengganti tersebut. Kemudian, menggratiskan tempat-tempat wisata yang dimiliki daerah.

“Saya kira kalau skenario-skenario tersebut dilakukan kita bisa memberikan sedikit ketenangan pada masyarakat,” ujar Jokowi.

Kendati begitu, dia meminta agar skenario tersebut disiapkan secara komprehensif dan dilihat dari hulu hingga hilir. Sehingga, masyarakat bisa tenang meski nantinya tidak bisa melakukan mudik Lebaran.

“Jangan sepotong-potong atau satu aspek saja atau sifatnya sektoral atau kepentingan daerah saja. Tapi dilihat secara utuh baik dari hulu di tengah dan di hilir,” jelas Jokowi.

Sementara itu Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman mengatakan meskipun beliau telah menyiapkan skenario pengalihan hari libur idul Fitri. Namun beliau juga menegaskan untuk tidak melarang masyarakat yang akan mudik.

Namun, pemudik sesuai protokol kesehatan yang dirilis Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) wajib melakukan isolasi selama 14 hari.

Meskipun tidak melarang,Pemerintah seperti dijelaskan Fadjroel tetap menghimbau agar masyarakat jangan mudik.(Hs)

Related posts