BLT UMKM Gelombang ke-2 Dibuka, Ini Syaratnya

Jakarta,Gpriority-Berdasarkan siaran pers yang dikirim Kementerian Koperasi dan UKM RI pada Kamis (22/2/2020) Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebesar Rp.2,4 juta gelombang ke-2 masih dibuka hingga akhir November 2020.

“ Kami masih membuka 6 juta penerima bantuan lagi dari total target 12 juta penerima. Jadi bagi pelaku usaha UMKM yang belum mendaftar, segera mendaftarkan dirinya melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kadiskop) kabupaten/kota masing-masing ” ucap Bidang Pembiayaan Kemenkop Hanung Harimba.

Namun sebelum melakukan pendaftaran, Hanung mengatakan ada beragam persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelaku UMKM. Syarat yang dimaksud adalah:

1.Warga Negara Indonesia.
2.Mempunyai Nomor Induk Kependudukan atau NIK.
3.Memiliki Usaha Mikro.
4.Bukan ASN, TNI/Polri serta bukan Pegawai BUMN/BUMD.
5.Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR
6.Bagi pelaku usaha mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU)
7.Memiliki nomor telepon aktif.
8.Mempunyai nomor rekening di bank BRI.

“ Bagi yang sudah memiliki persyaratan tersebut bisa mendaftarkannya langsung melalui situs yang telah saya sebutkan tadi,” jelas Hanung.

Hanung dalam siaran persnya juga mengatakan, berdasarkan tinjauan dari Kemenkop dan UMKM, banyak peserta yang tidak melengkapi persyaratan nomor 6 yakni SKU. Hal ini tentu saja menyebabkan mereka tidak lolos verifikasi Kemenkop dan UMKM. Untuk itulah dirinya menyarankan agar peserta UMKM gelombang ke-2 segera membuat SKU di desa ataupun kelurahan tempat dia tinggal.” Tak perlu ragu untuk datang ke desa atau kelurahan untuk minta dibuatkan SKU, meskipun tempat usahanya beda dengan alamat rumah.Sebab aparat desa akan membuatkannya dengan meninjau terlebih dahulu lokasi usaha tersebut,” tutur Hanung.

Untuk mengetahui apakah pelaku UMKM yang sudah mendaftar lolos verifikasi dan mendapat bantuan, Hanung menjelaskan akan mendapat sms dari Bank BRI.Setelah itu pelaku UMKM diminta untuk melakukan verifikasi ulang ke bank BRI. Dan selanjutnya Bank BRI akan mencairkan BLT Bantuan UMKM tersebut.(Hs)

Related posts