BRI Wujudkan Komitmen Dukung Pelestarian Ekosistem Laut di Ujung Bulo

Jakarta, GPriority.co.id – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menegaskan komitmennya dalam mendukung dan menjaga ekosistem laut, yang diwujudkan melalui penyaluran bantuan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Ujung Bulo, Pulau Karampuang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Selatan.

Bantuan disalurkan melalui program “BRI Menanam – Grow & Green” yang mencakup pelatihan sadar wisata, sertifikasi selam untuk jenjang A1 (open water) dan jenjang B1 (instruktur) bagi penyelam, serta bantuan peralatan selam. Selain itu, BRI juga memberikan bantuan transplantasi terumbu karang sebanyak 1.800 fragmen dengan media tanam 100 buah spider web.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto menjelaskan bahwa program ini merupakan wujud nyata kepedulian BRI dalam memerangi perubahan iklim melalui program pemulihan dan pelestarian ekosistem yang berkelanjutan, termasuk penanaman pohon dan transplantasi terumbu karang.

Pelaksanaannya meliputi penyusunan desain program, penyediaan bibit, penanaman, pemeliharaan, dan pendataan kondisi perkembangan tanaman maupun terumbu karang.

“Semoga bantuan yang diberikan bisa dimanfaatkan oleh Pokdarwis Ujung Bulo dan kelompok-kelompok lainnya, sehingga dapat mendorong pariwisata Pantai Ujung Bulo. Selain itu, tentunya program ‘Grow & Green’ ini bisa mendukung kelestarian ekosistem laut di Pantai Ujung Bulo dan Pulau Karampuang,” ujar Catur dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (30/5).

Dengan adanya program ini, Pokdarwis Ujung Bulo dan masyarakat sekitar diharapkan dapat lebih maksimal dalam menjaga potensi sumber daya alam serta ekosistem terumbu karang di wilayah Pantai Ujung Bulo.

Foto: BRI