Cegah PPOK RSUP Persahabatan,PDPI dan Departemen Pulmonologi FKUI Gelar World COPD Day di CFD

Jakarta,Gpriority-Minggu (15/12/2019) Departemen Pulmonologi FKUI bersama KSM RSUP Persahabatan dan PDPI menggelar World COPD Day dengan mengangkat tema All Together To End COPD di Area Indofood Tower.

Menurut dr. Budhi Antariksa, PhD, Sp.P (K) Selaku Ketua Divisi Asma PPOK FKUI-RSUP Persahabatan setiap setahun sekali World COPD Day dilaksanakan. COPD atau di Indonesia dikenal dengan PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis) merupakan suatu penyakit yang umumnya dapat dicegah dan ditangani, yang ditandai dengan adanya gejala pernapasan yang persisten dan keterbatasan aliran udara pernapasan karena adanya abnormalitas pada saluran napas dan atau alveolus yang biasanya disebabkan oleh pajanan yang signifikan terhadap partikel atau gas beracun.

PPOK biasanya dialami oleh perokok atau yang bekerja di tempat yang ada polusinya.PPOK biasanya dialami oleh orang yang berusia 40 tahun ke atas.
“Bagi orang yang terkena PPOK biasanya hidupnya agak lama,namun aktivitas tidak bisa seperti ketika mereka sehat.untuk itulah dibutuhkan obat-obatan agar tetap sehat,” ucap dr.Budhi.

Untuk itulah Budhi menyarankan agar perokok menghentikan kebiasaan merokok. Hal yang sama juga dilakukan dengan perusahaan yang menimbulkan polusi agar menyediakan udara bersih.Vaksinasi menurut Budhi juga harus dilakukan sehingga PPOK bisa dicegah. ” Pencegahan lainnya adalah sering melakukan senam untuk pernapasan serta berenang,” ucap Budhi.

Diadakannya acara ini menurut Budhi berharap agar PPOK di Indonesia bisa semakin menurun.

DR. dr. H. M. Alsen Arlan, Sp.B-KBD, MARS Direktur Medik Dan Keperawatan RSUP Persahabatan mengatakan, hari ini RSUP Persahabatan bersama Departemen Pulmonologi FKUI dan PDPI memperingati World COPD Day.

Tujuan peringatan COPD Day di CFD agar masyarakat mengetahui mengenai PPOK sehingga mereka bisa mencegah dan mengeliminasi PPOK.

“Untuk mengetahui apakah mereka terkena PPOK atau tidak,RSUP Persahabatan menggelar pemeriksaan spirometri gratis. Tidak hanya itu beragam acara menarik juga digelar di World COPD Day,” tutup Aksen Arlan.(Hs.Foto:Hs)

Related posts