Desa di Sidoarjo dan Yogyakarta Cegah Covid-19 dengan Isolasi Diri

Jakarta,Gpriority-Untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran virus Covid-19 yang ada di Sidoarjo Jawa timur, salah satu desa yaitu Desa Bungurasih, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo melakukan isolasi mandiri. Isolasi ini dilakukan dengan cara menjaga pintu masuk yang ada di setiap sudut kampung yang ada di desa tersebut.

Selain itu aparat desa juga memberikan beberapa sarana seperti cairan disinfektan, dan memberikan beberapa ruangan untuk melakukan penyemprotan kepada masyarakat yang keluar dari desa, maupun yang akan masuk ke desa.

Menurut Sekretaris Desa Bungurasih, Heri Purnomo menjelaskan bahwa di Desa ini sudah melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. “Kami sudah memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak takut menghadapi wabah virus covid 19, kami juga telah memasang spanduk dari kepolisian,” ujar Heri.

Selain itu ia juga memberikan edukasi kepada masyarakat denganbudaya hidup bersih dan sehat, seperti mencuci tangan dan berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh.

Selain Desa Bungurasih yang berada di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, di wilayah DI Yogyakarta juga melakukan pencegahan penularan virus corona di Desa Sukoharjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman, DI Yogyakarta dengan melakukan karatina.

Menurut Hendhi S, anggota BPD Desa Sukoharjo menyebutkan beberapa Padukuhan di Desa tersebut yang melaukan isolasi diantaranya Padukuhan Yapah, Wonosalam, Karanglo, Tanjungsari, Losari, Purworejo, Gemutri, Siwil, Ngebo, Nglengkong, Sembung, Besi, dan Klidon.

Adapun karantina yang dilakukan seperti mendata masuknya orang dari luar daerah yang menginap atau mudik, tidak menerima tamu, dan menutup akses jalan. (Dwi)

Related posts