Gugatan Prabowo Sandi ditolak MK

Jakarta,Gpriority-Kamis malam (27/6) Ketua Majelis Hakim Konstitusi Anwar usman membacakan kesimpulan putusan majelis hakim konstitusi.

Dikatakan oleh Anwar, dalam rapat permusyawaratan hakim yang dilakukan oleh sembilan majelis hakim  konstitusi sepakat untuk menolak permohonan pemohon. Hal ini disebabkan semua dalil hukum yang diajukan oleh tim Prabowo-Sandiaga Uno tidak beralasan.

Terkait alasan penolakan, Anwar mengatakan tudingan tim Prabowo Subianto-Sandiaga Uno terkait politik uang yang dilakukan kubu Joko Widodo- Ma’ruf Amin dengan menaikkan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN), tidak berdasar. Sebab tim pengacara kubu Prabowo jtidak menguraikan pengertian politik uang terkait dengan kenaikan gaji ASN

Anwar juga menambahkan pihak pengacara kubu 02 juga tidak bisa menjelaskan korelasi tudingan itu dengan perolehan suara kubu Prabowo dan Sandiaga.

Imbauan presiden kepada jajaran Polri untuk mensosialisasikan program pemerintah dikatakan oleh hakim MK, Aswanto, merupakan suatu hal yang wajar dan tidak melanggar ketentuan KPU. Selain itu,  dalam sosialisasi tersebut tidak ditemukan pula adanya ajakan memilih paslon tertentu.

Ia menambahkan bukti berita daring yang menyebut kepolisian membentuk tim buzzer untuk mendukung salah satu calon tidak dapat membuktikan peristiwa itu terjadi.

Majelis hakim juga mematahkan tudingan kubu 02 terkait ketidaknetralan intelijen atas dasar kedekatan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dengan Kepala BIN Budi Gunawan.(Hs)

 

 

Related posts