HAB Ke-78, Kemenag Adakan Kegiatan Donor Darah dan Beri Bantuan untuk Palestina

Jakarta, GPriority.co.id – Hari Amal Bakti Kementrian Agama ke-78, dirayakan setiap tahun pada tanggal 3 Januari. Pada hari ini juga diperingati sebagai hari berdirinya Kementrian Agama Republik Indonesia.

Kementrian Agama RI berdiri pada tanggal 3 Januari 1946, atas usulan dari Muhammad Yamin. Dalam Rapat Besar Badan Penyelidik Usaha–usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 11 Juli 1945.

Awalnya Kementrian Agama bernama Departemen Agama. Namun pada tahun 1980, Departemen Agama berganti nama menjadi Kementrian Agama.

Pada peringatan Hari Amal Bakti Kementrian Agama RI ke-78 di hari ini, diadakan berbagai rangkaian acara seperti upacara, tasyakuran, dzikir dan doa bersama hingga kegiatan pendukung lainnya seperti perlombaan dan bazar. Selain itu diadakan juga kegiatan amal seperti donor darah.

Di tahun ini, HAB Kementrian Agama RI bertema “Indonesia Hebat Bersama Umat”. Kemenag juga berinisiasi menyalurkan bantuan untuk warga Palestina sebesar Rp44,8 M, lewat LazisNu dan LazisMu.

Dilansir dari website resmi Kemenag, bantuan ini terdiri atas sumbangan ASN Kemenag seluruh Indonesia senilai Rp.41.520.207.987,00 dan sumbangan dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag se-Indonesia senilai Rp.3.381.888.260,00.

“Bantuan yang kita sampaikan malam ini merupakan bentuk kepedulian keluarga besar Kementerian Agama, termasuk DWP Kemenag, terhadap kepedihan yang saat ini dirasakan oleh saudara kita di Palestina,” ujar Menag Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Selasa (2/1/2024).

“Kita tentu amat prihatin dengan yang terjadi di Palestina. Sudah lebih dari 80 hari perang terjadi di sana, dan kita mendengar saudara-saudara kita kelaparan di Palestina. Semoga sedikit bantuan ini dapat meringankan rakyat Palestina,” tambahnya.

Foto : Kementrian Agama RI