Jangan Ragu, 5 Obat Tradisional Ini Ampuh Atasi Jamur Kuku

Jakarta,GPriority.co.idPenyakit jamur kuku akan membuat kuku penderitanya berubah warna menjadi rapuh bahkan bisa hancur. Tak hanya itu, kuku yang terinfeksi jamur juga akan menimbulkan bau tak sedap yang bikin tidak percaya diri.

Sebagai penanganan pertama gejala awal jamur kuku (perubahan warna kuku jadi kuning, coklat, atau hitam, penebalan kuku, ataupun kuku rapuh), kamu bisa melakukan pengobatan dan perawatan sendiri menggunakan obat alami dan tradisional.

Berikut adalah rangkuman dari berbagai sumber mengenai 5 obat tradisional untuk atasi jamur kuku:

1. Bawang putih. Bawang putih memiliki kandungan allicin dan ajoene yang bersifat antijamur dan antimikroba. Kandungan tersebut dipercaya dapat mengatasi masalah jamur kuku.

Cara menggunakannya bisa mencincang beberapa bawang putih sampai halus. Lalu balurkan hasilnya ke bagian kuku yang terinfeksi jamur. Diamkan 30 menit lalu bersihkan dan jangan sampai lembab.

2. Cuka apel. Cuka apel dapat menyeimbangkan kadar pH dan membantu pencegahan perkembangbiakan jamur di area kuku. Tentunya cuka apel juga bisa membunuh bakteri dan jamur, jadi cuka apel salah satu bahan alami yang ampuh untuk atasi jamur kuku.

Cara pengaplikasiannya dengan campurkan cuka apel dan air hangat dengan perbandingan yang sama banyak. Lalu rendam jari yang terinfeksi jamur kuku selama 30 menit. Setelah itu keringkan dan jangan sampai lembab. Lakukan setiap hari sampai kuku memberikan perubahan baik.

3. Minyak Zaitun. Khasiat minyak zaitun dapat kamu manfaatkan karena bersifat antibakteri dan antimikroba. Cukup oleskan minyak zaitun pada bagian kuku yang terinfeksi secara rutin. Diamkan hingga cairan minyak meresap ke sela-sela kuku.

4. Tea tree oil (minyak pohon teh). Minyak pohon teh atau tea tree oil ampuh mengatasi infeksi jamur karena memiliki kandungan antibakteri. Cara pemakaiannya sama dengan minyak zaitun.

5. Baking soda. Baking soda dapat mengurangi kelembapan pada kuku dan juga jari kaki serta mengurangi bau akibat jamur.

Ramuan campuran baking soda dapat kamu buat dengan mudah dengan mencampurkan baking soda dengan air. Jangan terlalu banyak airnya, karena ramuan akan dibuat seperti pasta. Kemudian oleskan pasta tersebut pada bagian kuku kaki yang terinfeksi jamur. Diamkan 10 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Setelah itu kamu bisa merendam kaki dengan campuran air dan baking soda. Rendaman air tersebut efektif menghilangkan bau akibat jamur kuku. Lakukan secara rutin agar hasilnya optimal.

Itulah 5 bahan alami dan tradisional yang bisa kamu pilih untuk pengobatan jamur kuku di rumah. Jangan sampai gejala awal kamu biarkan begitu saja, karena hal itu akan membuat kondisi kuku kaki kamu semakin parah. (Gs)

Related posts