Jelang Nataru Menteri ESDM Pastikan Pasokan Energi Aman

Penulis : Ponco | Editor : Dimas A Putra | Foto : ESDM

Jakarta, GPriority.co.id – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan kondisi pasokan energi khususnya listrik dan Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam kondisi aman. Keyakinan tersebut di dapat setelah Arifin melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, pada (21/12).

Dalam kunjungan tersebut, Menteri ESDM mengunjungi Refinery Unit (RU) IV Pertamina di Cilacap. RU IV merupakan salah satu kilang minyak terbesar di Indonesia berkapasitas produksi 348.000 barel per hari dan memasok 34% kebutuhan BBM Nasional dan 60% kebutuhan BBM di pulau Jawa.Arifin juga menjelaskan, berdasarkan laporan yang diterimanya dari PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) maupun Pertamina Patra Niaga (PPN), bahwa stok BBM mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Memang ada lonjakan, tapi bisa diatasi. Pergerakan logistik juga diintensifkan agar tidak ada masalah dalam suplai,” ungkap Arifin dalam keterangan resminya, pada Kamis (21/12).

Menurutnya, berdasarkan data dari Pertamina, stok BBM dan LPG di Jawa Bagian Tengah (JBT) status per tanggal 21 Desember 2023 dalam kondisi aman dan berjalan lancar. Stok tersebut terdiri dari Pertalite sebanyak 10 hari, Pertamax sebanyak 27 hari, Pertamax Turbo sebanyak 6 hari, Solar sebanyak 10 hari, dan Dex sebanyak 10 hari.

Selain mengunjungi RU IV, Menteri ESDM juga mengunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Karangandri yang dikelola oleh PLN. PLTU Karangkandri merupakan salah satu pembangkit listrik terbesar di Indonesia yang memiliki kapasitas terpasang 2.260 MW.

“Persiapan Nataru untuk stok bahan baku aman, pembangkit semua dalam kondisi normal dan margin capacity yang cukup sekitar kurang lebih 30% dan cuaca juga cukup baik,” terangnya.

Untuk memastikan layanan sektor energi sampai ke masyarakat, Arifin juga mengunjungi SPBU Candi Sari di sekitar Kabupaten Cilacap. Ia berdialog dengan para operator SPBU dan memastikan ketersediaan stok BBM dan LPG. Hasilnya pasokan energi di Kabupaten Cilacap dan sekitarnya dalam kondisi aman dan siap untuk menghadapi libur Nataru 2024.

“Berdasarkan hasil kunjungan kerja saya, dipastikan pasokan energi di Kabupaten Cilacap dan sekitarnya dalam kondisi aman dan siap untuk menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2024,” ucapnya.