John Wempi Wetipo Resmi Dilantik Jadi Wamendagri, Berikut Profilnya

Jakarta,GPriority.co.id – John Wempi Wetipo resmi dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) hari ini di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022). Pelantikan itu dilaksanakan berdasarkan keputusan Presiden RI No.24 Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

“Satu, Wempi Wetipo sebagai Wamendagri, dua Afriansyah Noor sebagai Wamenaker, tiga Saudara Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional,” dalam surat keputusan yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Apartur Kemensetneg, Nanik Purwanti.

Sebelumnya, John Wempi Wetipo menjabat sebagai Wamen Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sejak Oktober 2019, dan kini ia telah resmi akan mendampingi Mendagri Tito Karnavian.

John Wempi Wetipo lahir di Jayawijaya, Papua, 15 September 1972. Putra daerah Papua itu merupakan mantan Bupati Jayawijaya pada periode 2008-2013 dan periode 2013-2018.

Selama menjadi Bupati Jayawijaya, Wempi pernah mendapat penghargaan diantaranya adalah dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tentang manajemen keuangan yang diterapkannya di Kabupaten Jayawijaya.

Pada tahun 2018, Wempi pernah mencalonkan diri dalam Pemilihan Umum Gubernur Papua mewakili partainya PDI Perjuangan. Namun sayang ia dikalahkan oleh kandidat petahana, Lukas Enembe yang berpasangan dengan Klemen Tinal.

Wempi yang berpasangan dengan wakilnya, Habel Meluas Suwae hanya memperoleh suara sebanyak 32,46 persen. Jauh tertinggal dari Lukas Enembe yang meraih suara lebih banyak yaitu 67,54 persen.

Sebagai putra daerah, Wempi menyelesaikan jenjang pendidikannya dari SD sampai SMA di Wamena dan Jayapura. Kemudian, ia melanjutkan untuk menempuh pendidikan S1 dan S2 di Fakultas Hukum Universitas Cenderawasih pada tahun 2011 dan 2013. (Hn.)

Related posts